83 Kali

SAMARINDA. Intrusi air laut masuk Sungai Mahakam untuk wilayah perairan Bukuan, Palaran dan Pulau Atas dengan kadar chlorida sudah di atas ambang batas 259 Ppm.

 

Di Intake Bukuan Kamis (26/9) pukul 06.20 kadar Chlorida 261 Ppm. Di Intake Palaran 261 Ppm dan di Intake Pulau Atas 315 Ppm.

 

IPA Bukuan, IPA Palaran dan IPA Pulau Atas karena kadar chlorida sudah melebihi ambang batas Dinas Kesehatan di atas 250 Ppm, maka dihentikan sementara untuk berproduksi. Namun akan berproduksi kembali jika kadar chlorida turun di bawah ambang batas 250 Ppm.

 

Alhamdulillah, update pukul 10.00 di intake Palaran kadar chlorinda turun menjadi 240 Ppm. Kabag Humas PDAM Samarinda H.M Lukman mengatakan, antisipasi karena tidak mengalirnya air, maka pendistribusian air bersih PDAM menggunakan armada tangki bekerjasama dengan tangki swasta dan tangki milik Damkar Kota Samarinda.

 

"Jika diperlukan ke wilayah jangkauan dari pipa distribusi," katanya.

 

Selain itu sebutnya, PDAM juga menyediakan kran-kran umum di setiap IPA agar warga bisa mengambil sendiri ke lokasi kran yang sudah disiapkan.

 

Hanya 3 IPA PDAM yang saat ini sementara produksi dihentikan. Beberapa IPA yang masih waspada dan aman berproduksi yakni IPA Selili, IPA Tirta Kencana, IPA Samarinda Seberang, IPA Cendana, IPA Lipan, IPA Loa Bakung dan IPA Bendang 1, serta IPA Gunung Lingai dan IPA Pampang. Pemantauan terus dilakukan secara intensif agar produksi retap berjalan.

 

"Kita gunakan sistem buka tutup. Jika kadar chlorida di atas 250 Ppm kita hentikan sementara produksi, namun jika kadar chlorida turun di bawah 250 Ppm kita start berproduksi kembali," sebutnya.

 

Selain itu katanya, mereka sedang persiapkan sumur bor untuk membantu IPA tetap produksi seperti sumur bor di IPA Bantuas, IPA Pulau Atas, IPA Pampang dan sumur bor di Jalan Pahlawan akan difungsikan agar bisa digunakan oleh warga. Karenanya, dihimbau warga tidak panik dan menampung air jika masih ada aliran sebagai persediaan.

 

Untuk informasi dan pelaporan hubungi contact center di hotline 0541-2088100 atau WA ke 0811553536, informasi juga bisa dilihat melalui medsos FB dan IG PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda atau WA Humas 0811552226. (kmf2) 

Penulis/Editor: Doni

Jaang Lakukan Peletakan Batu Pertama Gereja Kemah Injil di Batu Cermin

Berita Sebelumnya

Secara Nasional Bahas Optimalisasi Pajak Di Samarinda

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar