208 Kali

    SAMARINDA. Kemajuan internet dewasa ini,  membawa konsekuensi positif dan negatif. Begitu mudahnya bisa mengetahui informasi sejagat raya,  hanya di dalam rumah saja. Bila digunakan untuk menambah wawasan, itu sangat baik,  namun jika digunakan mencari konten-konten negatif seperti pornografi, game online yang berlebihan,  maka cepat atau lambat kerugian besar akan menimpa semuanya.

    Demikian tercermin dalam Road Show Sahabat Digital dengan tema Penggunaan Teknologi bagi generasi Milenial yang digagas Bidang Teknologi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda di SMA Negeri 6 Palaran baru baru ini.

    Pada Road Show yang ketiga ini, selain metode penyampaian materi oleh narasumber dari Dinas Kominfo Samarinda, juga dilakukan dialog diselingi pemutaran film pendek,  membuat seluruh peserta menjadi antusias mengikuti sosialisasi.

    Apalagi Diskominfo memberikan hadiah menarik dari beberapa sponsor, menambah suasana menjadi meriah. Dihadapan murid-murid SMA Negeri 6, Kepala Bidang Tehnologi Informasi Dian Ruhendra, ST, MM menyatakan, bagaimana seharusnya  menyikapi kemajuan teknologi saat ini dengan menjadikannya sebagai sahabat. 

    "Bukan dihindari  atau dimusuhi,  tapi kita sambut sebagai sahabat Digital," terang Dian.

    Dian menambahkan, roadshow terakhir di 2018, akan dilakukan di SMA Negeri 11 dengan berbagai variasi yang lebih menarik lagi.

    Sementara itu kepala sekolah SMA Negeri 6 Palaran Dra Budi Setiowati MPd menekankan tentang pentingnya memilih dan memilah informasi yang dilihat dari internet.

    "Tidak semua yang didapat dari internet itu bisa disebarluaskan, " tandasnya.  Seperti dicontohkannya kasus pelecehan seksual ( secara verbal) yang sedang viral.  Ini disebabkan karena kurangnya kesadaran semua terhadap dampak buruk dari penyalahgunaan tehnologi.(kmf8)

Penulis: Setyabudi

Safari Jumat di Tanah Merah, Ingatkan Tangkal Hoax

Berita Sebelumnya

ASN Raih Satyalencana, Harus Jadi Teladan

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar