43 Kali

SAMARINDA. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Kontruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin memberikan pesan moril kepada mahasiswa dan mahasiswi saat memberi Kuliah Umum di Fakultas Teknik Sipil Universitas Mulawarman, baru baru ini.

Syarif mengungkapkan untuk mewujudkan infrastruktur yang berdaya saing, diperlukan 5 terobosan yaitu regulasi dan hukum, sumber daya manusia, penerapan hasil riset dan teknologi, pendanaan inovatif, programming serta leadership. 

Dengan terobosan ini, sebutnya Kementerian PUPR dapat menghasilkan infrastruktur yang tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya dan tepat manfaat. Menurutnya kapasitas SDM konstruksi atau tenaga kerja konstruksi yang terlibat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan/pembangunan, hingga tahap pengawasan haruslah memiliki kemampuan yang baik dan dilengkapi dengan sertifikasi kompetensi yang sesuai dengan standar kinerja yang dipersyaratkan di tempat kerja.  

 “Dari Perguruan Tinggi inilah lahir para calon tenaga ahli muda yang nantinya akan terjun di industri konstruksi, sehingga saya berharap saat ini banyak terjadi perubahan positif di setiap Perguruan tinggi terutama dalam hal penyesuaian berbagai bahan dan metode belajar untuk merespon perkembangan industri konstruksi, baik di Indonesia maupun di dunia internasional,” harap Syarif.

Selain itu diutarakannya Kementerian PUPR melakukan perubahan dalam proses bisnisnya melalui digitalisasi, connectivity dan computer power, human machine interface dan analytics intelligent untuk dapat meningkatkan efisiensi dan meningkatkan optimasi produksi.

“Saya mengajak adik-adik semua untuk semangat meningkatkan kompetensi diri sehingga dapat turut aktif membangun infrastruktur Indonesia. Saya yakin Sumber Daya Manusia Indonesia tidak kalah dengan negara tetangga,” pungkas Syarif.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unmul Encik Ahmad Syaifudin menambahkan Unmul khususnya Fakultas Teknik sendiri telah berkerjasama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

“Jadi bagi para alumni, mahasiwa atau mahasiswi yang telah lulus Sarjana, Unmul telah memberikan jalan bagi siapa yang mau mencari Sertifikat Keahlian sesuai bidang yang diinginkan,” ungkap Encik. (kmf7)

Penulis: Alif Akbar

Bougenvile, Percantik Taman Median Jalan

Berita Sebelumnya

Terus Berbenah, Pelayanan Discapilduk Memuaskan

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar