689 Kali
Selain memaksimalkan moment Jumat Bersih yang sebelumnya telah dilakukan. Senin (18/02) kemarin giliran  perbaikan batu median jalan menjadi tujuan utama.
 
”Sebenarnya perbaikan atau merapikan batu median jalan  ini, sudah kita lakukan sejak minggu kemarin, hari ini tinggal finishing saja,” lontar Kepala Badan Lingkungan Hidup Endang Liansyah yang turun langsung untuk memperbaiki median batu trotoar di Jl Mayjen DI Panjaitan.
 
Menurutnya, kerusakan batu median jalan tersebut akibat warga  yang memang dengan sengaja membongkar batu yang sebelumnya memang telah tersusun rapi.
 
Hal itu, sambung Endang memang akibat  dari genangan air yang tak kunjung mengalir dengan lancar apabila setiap kali turun hujan.
 
”Wajar kalau masyarakat membongkar, karena di sepanjang median jalan ini dari hasil pantauan kami tidak ada saluran air yang standar untuk mengalirkan genangan air setiap turun hujan.” urainya.
 
Harusnya, paling tidak ada lubang kerep atau pipa yang  menembuskan sisi kiri maupun kanan median. Hal ini dimaksudkan untuk memperlancar saluran air setiap turun hujan.
 
”Ini menjadi catatan penting  instansi teknis terkait, sayang kalau sudah dibuatkan bagus-bagus tapi pada akhirnya malah dibongkar oleh warga.”Harapnya. 
 
Mengingat, jalan merupakan salah satu unsur point terpenting dalam penilaian adipura kali ini selain pemanfaatan dari median tadi, “Juga kebersihan  serta adanya tempat sampah terpilah dibeberapa titik jalan, ditambah  dengan pohon peneduh sesuai jumlah dan fungsinya menjadi nilai tersendiri untuk mendongkrak penilaian tahap kedua kali ini,” Jelas Endang.
 
Karena lanjutnya waktu tidak sedikit, terhitung  besok (hari ini,red) hingga tiga hari kedepan tim penilai dari Kementrian LH akan berkunjung ke Samarinda untuk melakukan penilaian.
 
“Tentunya kita inginkan titik yang masih dianggap kurang bisa menjadi tanggung jawab bersama oleh semua SKPD di lingkungan Pemkot Samarinda.”pintanya.
 
Endang juga tidak mempungkiri beberapa item seperti sekolah, terminal, pelabuhan sudah melakukan perubahan perbaikan, bukti nyata dalam penilaian tahap pertama nilai kota Samarinda sudah mencapai point 7,1.a
”Artinya tinggal sedikit lagi untuk mendongkrak beberapa point dalam mendatangkan Adipura ke Samarinda,” ucapnya mengakhiri.

Wali Kota Samarinda Gembira Akhirnya Jembatan Kembar Dibangun

Berita Sebelumnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar