288 Kali

SAMARINDA. Program Coorporate Social Responbility (CSR) PT Lana Harita Indonesia yang membangun Fasilitas Air Bersih di Jl. Merapi RT 14 kelurahan Tanah Merah kecamatan Samarinda Utara sangat mendukung pemerintah kota Samarinda mengatasi persoalan air bersih.
“Terima kasih program air bersih CSR PT Lana Harita Indonesia karena mendukung untuk mengatasi persoalan air bersih, walaupun saat ini untuk menjangkau 400 rumah," ucap Walikota Samarinda Syaharie Jaang dalam sambutannya pada fasilitas air bersih, Kamis (1/11).
Tiap tahun lanjutnya, PDAM Samarinda membangun intake maupun WTP serta jaringannya di lingkar luar kota Samarinda. Seperti di Bentuas Palaran, Bukit Pinang maupun Pampang.
“Ini dukungan sebagai komitmen dalam mewujudkan Millenium Development Goals (MDGs), agar 2019 dapat mencapai target 100 persen cakupan layanan air bersih di kota Tepian,” imbuhnya.
Menarik lagi, lanjut Jaang air disini bersih tanpa harus dibersihkan seperti teknologi PDAM yang menggunakan bahan kimia. “Pesan saya supaya fasilitas ini dipelihara,” sebut Jaang.
Walaupun non PDAM, warga juga tetap membayar untuk distribusi dan pemeliharaan, yang mana dikelola oleh Badan Pengelola Sarana Air Bersih kelurahan Tanah Merah yang telah dikukuhkan walikota.
Jaang mengutarakan tidak jarang banyak pandangan negatif terhadap perusahaan tambang batu bara, namun ternyata ada memberi manfaat.
"Seperti di Lok Bahu, ada warga yang menjadikan keramba ikan, sehingga minta tidak ditutup. Pernah juga dulu saya resmikan warga memanen ikan sidat di kolam eks lahan tambang," ungkapnya.
Jadi sebut Jaang keberadaannya juga memberikan manfaat. Untuk itu Jaang meminta kepada PT LHI untuk memberikan CSR lagi bagi kesejahteraan warga sekitar.
"Makin banyak diberi CSR, semakin banyak didoakan warga," tutur Jaang.
Jika biaya pembangunan melalui program air bersih CSR PT LHI, warga dikenakan biaya untuk pemasangan Rp 800.000, dan biaya pemakaian air per kubiknya Rp 3.000 yang dikelola Badan Pengelola Sarana Air Bersih kelurahan Tanah Merah.
Selain itu, untuk memastikan layak konsumsi, tiap bulan rutin dilakukan uji sampel oleh Dinas Kesehatan. Adapun hasil uji laboratorium, air ini Ph-nya 7.(kmf2)

Rapat Persiapan Hari Pahlawan, Rokhmat : Lalu Lintas di Sekitar TMP Akan Dihentikan Selama 60 Detik

Berita Sebelumnya

Sahabat Digital Diskominfo Roadshow Sekolah

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar