11 Kali

SAMARINDA. Setelah bersolek di Revitalisasi Tahap Pertama tahun 2018, untuk mengembalikan kejayaan Citra Niaga tempo dulu, di tahun ini Pemkot Samarinda komitmen bakal meramaikan Citra Niaga dengan berbagai event terjadwal sepanjang tahun buah dari sinergi semua OPD.

“Bagaimana kita bisa membuat orang ramai ke sini. Tentunya harus dilakukan berbagai event di sini. Seperti apa yang terkemuka dalam rapat tadi, untuk membuat event yang sudah terjadwal sepanjang tahun di citra niaga. Ini perlu sinergi semua OPD, kami harap OPD bisa saling sinergi tidak menonjolkan ego OPD, tapi bagaimana Citra Niaga kembali menjadi ikon kebanggaan seperti tempo dulu sesuai harapan Pak Wali,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin dalam rapat koordinasi untuk meramaikan Citra Niaga di Dinas Kominfo Samarinda, baru-baru ini.

Bagaimana konsep Citra Niaga untuk menjadi ikon kembali, Sekda mempersilahkan  kepada OPD yang mengaturnya. “Kalau punya kegiatan, laksanakan di Citra Niaga. Atau kalau tamu kedinasan, bisa dibawa makan di Citra Niaga. Kalau perlu Gowes, Rally Fun City, jalan sehat, tidak perlu start di rumah jabatan, tapi lakukan di Citra Niaga. Kan bisa meramaikan di sini,” saran Sekda.

Tidak hanya itu, lanjut Sekda kegiatan Car Free Day pun bisa dilaksanakan di Citra Niaga. “Masih kurang dengan Car Fre Day, kita buat juga Car Free Night,” imbuhnya.

Untuk itu, Sekda meminta kepada kepala UPT Citra Niaga supaya secepatnya membuat jadwal event-event dengan bersinergi OPD. “Kesbangpol itu berkomunikasi dengan ormas paguyuban untuk membuat event di Citra Niaga, begitu juga Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dispora, Dinas Pendidikan dan lainnya,” ucap Sugeng.

Tidak hanya itu, Sekda juga meminta untuk merangkul komunitas kreatif Samarinda untuk tampil dan memanfaatkan citra niaga. “Dengan ini kan, citra akan ramai. Jangan menyerah kalau perdana yang hadir masih sedikit. Tetap jalan terus. Banyak yang datang, tentunya pedagang diuntungkan,” katanya.

Tetapi, sebutnya seperti diketahui bersama persoalan harga dari pedagang yang menjadi masalah menjadi perhatian khusus. “Seperti disampaikan kepala Diskominfo, kita akan siapkan strateginya. Supaya tidak ada lagi konsumen yang merasa dikecewakan soal harga ini, baik rumah makan maupun kerajinan,” tandasnya.

Sekda menyebutkan di Citra Niaga ini akan mengusung konsep City Walk yaitu membuat masyarakat gemar berjalan kaki. “Kita lihat saja kreatifitas OPD untuk mewujudkan konsep City Walk. Bahkan parkiran pun akan disiapkan di Pelindo, sehingga warga berjalan kaki menuju ke lokasi. City Walk ini pun bisa terwujud di Car Free Day dan Car Free Night juga,” katanya.

Sementara, kepala Dinas Kominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatulah mengatakan sengaja menginisiasi rapat ini semata-mata demi mengembalikan ikon citra niaga, yang mana revitalisasi tahap I sudah selesai, namun disayangkan jika belum bisa menyedot kunjungan. Dimana diperlukan sinergi OPD.

“Kita hanya inisiator, kegiatan-kegiatan ada di OPD. Apalagi ini juga bagian dari program Smart City yaitu Quick Win Beautifikasi Kawasan Citra Niaga,” pungkasnya.(kmf2)

Penulis: doni

Peduli Rinjani, 137 ASN Ramaikan STAPALA Virtual Run

Berita Sebelumnya

Kumpulkan OPD, Walikota Pertajam Pelayanan di MPP

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar