131 Kali

SAMARINDA. Meningkatnya jumlah pengguna internet di kalangan masyarakat terutama generasi milenial, dipandang perlu untuk Diskominfo memberikan edukasi terhadap dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.


Kegiatan Road Show Sahabat Digital yang memiliki jargon "Janji Sahabat, Sahabat Digital" sambil mengangkat jari kelingking tanda janji pada sahabat ini akan terus berlanjut sampai akhir tahun 2018 ke beberapa sekolah di Kota Samarinda.


Dinas Kominfo Kota Samarinda melalui bidang TIK telah memberikan edukasi kepada para pelajar Sekolah Menengah Atas dengan menggelar talkshow "Sahabat Digital" dengan tema “Penggunaan Teknologi bagi Generasi Milenial”.


Setelah sukses dilaksanakan di SMK Al-Khairiyah Samarinda beberapa waktu lalu, kali ini Road show lanjut di SMK Negeri 8, Rabu (07/11) juga disambut baik oleh Kepala Sekolah beserta jajarannya, begitu pula dari siswa-siswi yang dengan tertib mengikuti acara tersebut.


Tidak kurang dari 170 peserta baik siswa maupun siswi termasuk taruna taruni turut serta dalam diskusi tersebut dengan sangat antusias.


Kepala Dinas Kominfo Kota Samarinda Dr Aji Syarif Hidayatullah SSos M.Psi dalam Sambutan Digitalnya menyampaikan bahwa Internet tidak dapat ditinggalkan dan harus dihadapi serta dipelajari, Internet bisa membawa berkah juga bisa membawa musibah tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya.


“Ada 132,7 juta pengguna internet di Indonesia 87,7% dari kalangan mahasiswa dan 69,8% kalangan pelajar artinya 34 juta pelajar berpotensi mengakses konten-konten negatif. Mari kita gunakan internet secara sehat dan bijaksana, hindari situs-situs yang mengarah ke arah negatif dan pornografi," tutur Dayat biasa Aji disapa.

Kepala Bidang TIK Diskominfo Kota Samarinda Dian Ruhendra ST, MM mengatakan talkshow ini merupakan program diskominfo pada tahun 2018 yang rencananya akan dilaksanakan di empat lokasi sekolah di Kota Samarinda.


SMKN 8 adalah sekolah kedua dari empat sekolah yang ditargetkan. Dimana hal serupa sebelumnya telah dilaksanakan di SMK Al-Khairiyah Samarinda.


Pada tahun 2018 ini, sampai dengan bulan Desember dimana kegiatan Road Show ini selanjutnya akan dilakukan di SMAN 6 Samarinda di Palaran dan SMAN 11 Samarinda di Sambutan.


Roadshow ini tujuannya untuk mengenalkan menjadi pengguna internet yang baik dan bagaimana mengantisipasi dampak negatif dari penyalahgunaan internet bagi kita khususnya kalangan pelajar.


"Semua tergantung kita, bagaimana kita bersikap, bagaimana sikap kita sebagai generasi milenial menghadapi teknologi internet, yang harus kita hadapi dengan lapang dada, dan disikapi dengan bijaksana. Bukan dihindari atau di musuhi, tetapi kita sambut sebagaimana Sahabat, bersahabat dengan teknologi, salah satunya Teknologi Digital, Bersahabat dengan Teknologi Digital sebagai Sahabat Digital," kata Dian.


Dian mengharapkan agar pada roadshow ini, dapat memberikan informasi dalam pemanfaatan teknologi informasi yang tepat guna dan tepat sasaran dan para pelajar bisa memiliki tidak hanya kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan emosional dalam menyikapi dampak dari penggunaan hp dan internet ini.


Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Samarinda  Poneran, M.Pd., MM sangat menyambut baik kegiatan roadshow ini, dan berharap para pelajar bisa mengikuti acara dari awal sampai akhir serta menerima hal yang disampaikan dengan serius karena akan banyak sekali ilmu yang didapatkan dari talkshow ini.


Poneran juga berpesan kepada para pelajar agar dapat mengambil informasi yang bermanfaat sebanyak-banyaknya dari acara tersebut dan dapat memanfaatkan internet secara sehat dan bijak.


Road show ini dimeriahkan dengan beberapa doorprice yang disediakan Mitra sahabat digital antara lain Bank Kaltimtara, Carin Cells, Nutrimax, Indosat, Hatari ASW Foods, dan Hydro Coco.


Tidak ketinggalan dari PT. Pegadaian Persero Area Samarinda turut serta memeriahkan acara tersebut sembari memberikan materi yang terkait dengan “Literasi keuangan dengan investasi emas di era digital”.


Semoga terselenggaranya Roadshow Sabahat Digital di beberapa sekolah ini dapat memberi pengaruh positif terhadap pola penggunaan internet sehingga para pembelajaran yang baik bagi kalangan pelajar.(kmf8)

Penulis : Setyabudi


Hari Pahlawan, Heningkan Cipta Serentak 60 Detik. Warga Diminta Naikkan Bendera Satu Tiang Penuh.

Berita Sebelumnya

Jaang: Urusan Kondusif, Tiru Bandung

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar