120 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Periode pertama program Jelantah Membangun Samarinda (Jeng Rinda) tahun 2021 sudah berakhir menjelang program 100 hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda itu mampu mengumpulkan 3.267 liter minyak jelantah. Untuk tahap ini, pendapatan dari Jeng Rinda tersebut akan disumbangkan berupa delapan wastafel kepada sekolah Adiwiyata dan dibuatkan satu unit neon box di taman Odah Bekesah, Kelurahan Dadi Mulya.

Penyerahan donasi Jeng Rinda langsung dilakukan Wawali Samarinda Dr. H. Rusmadi bersama Wakil Ketua DPRD Samarinda H. Rusdi, serta Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Samarinda Hj. Rinda Wahyuni Andi Harun di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Senin (2/6/2021) pagi.

“Ini merupakan salah satu program 100 hari kerja kami. Jeng Rinda ini program penting yang harus bisa memberikan manfaat sebagai program inovasi dalam pengelolaan sampah,” ucap Rusmadi dalam sambutannya.

Manfaatnya lanjut Rusmadi, seperti yang diserahkan berupa wastafel dan neon box.

“Ini bentuk manfaat dan keseriusan kita terhadap lingkungan hidup. Yang paling penting menyelamatkan bumi dari dampak negatif pembuangan jelantah. Di sisi lain, jelantah ini juga memang membahayakan kesehatan jika digunakan kembali,” tegasnya.


Menurut Rusmadi, Jeng Rinda yang masuk di program 100 hari kerja itu telah menunjukkan keseriusan pimpinan di Samarinda dalam memperhatikan masalah lingkungan.

Dikatakannya, program ini merupakan salah satu implementasi salah satu misi Pemkot yakni mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban. Rusmadi mengapresiasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut mendonasikan minyak jelantahnya. Begitu pula dengan dunia usaha.

“Harapan kami bisa terus berlanjut. Kalau hari ini baru 2 liter atau 2,5 liter, ke depan lebih banyak lagi. Yang belum mendonasikan, ayo semangat kita mendonasikannya. Jangan lihat jumlahnya, tapi bagaimana usaha kita menjaga lingkungan dari pencemaran jelantah,” pesannya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda Nurrahmani mengatakan program ini tidak sampai cukup dengan final program 100 hari kerja.

“Akan terus berlanjut untuk periode selanjutnya. Kita pun tetap mendata tiap bulannya berapa jumlah donasi tiap-tiap OPD. Yang tidak menyumbang, OPD-nya tidak kita sebutkan,” ucapnya.

Penyerahan donasi delapan wastafel dan neon box ini lanjut Yama -sapaan akrab Nurrahmani, untuk memperlihatkan manfaat dari program Jeng Rinda dalam memberi warna pembangunan di Kota Samarinda.

Yama merincikan donasi Sahabat Jeng Rinda kategori OPD mulai Maret hingga Mei sebanyak 1.047 liter dengan nominal Rp5.235.000. Sementara Sahabat Jeng Rinda kategori pelaku usaha sebanyak 2.220 liter dengan nominal Rp11.100.000.

“Donasi minyak jelantah kita ini dikumpulkan dan dibeli oleh mitra kita PT. Garuda Sinar Perkasa (GSP) Grup dengan harga per liter Rp5 ribu,” pungkas Yama. (DON/HER/KMF-SMD)


Tunggak Pajak Sejak 2012, Beberapa Ruko di Kawasan Citra Niaga Bakal Dibongkar

Berita Sebelumnya

Jenguk Kondisi Kesehatan Mantan Gubernur Kaltim di Jakarta, Andi Harun Mohon Doa Untuk Kesembuhan Awang Faroek

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar