134 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Dr H Rusmadi secara resmi membuka kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) golongan penggalang yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Samarinda Ulu, Jalan Ir H Juanda, Selasa (16/11/2021) pagi.

Ketua Panitia Pelaksana, Budi Sudarminto melaporkan kegiatan kursus  pembina Pramuka dilaksanakan mulai 16 sampai 21 November 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 55 orang yang terdiri dari pembina Pramuka yang ada di Kota Samarinda.

"Tujuan dilaksanakan kursus ini sebagai wadah pendidikan bagi anggota dewasa untuk memperoleh kualifikasi pembina Pramuka tingkat dasar golongan Penggalang," terang Budi.

Selain itu, agar peserta mampu menjadi pembina penggalang dan mampu mengelola gugus depan serta memfasilitasi pasukan penggalang  dengan menggunakan metode kepramukaan dan proses pendidikan kepramukaan sehingga menghasilkan gugus depan yang unggul.


Sementara Wawali Samarinda Dr H Rusmadi yang juga sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Samarinda dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi kerja dari para pelatih Kwarcab Pramuka Kota Samarinda yang telah melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD).

KMD ini merupakan bagian yang penting dalam menyelenggarakan tugas-tugas kepanduan atau kepramukaan. Seperti yang kita ketahui, gerakan Pramuka ini merupakan organisasi yang diamanahkan oleh negara dan tercantum dalam Undang-Undang Nomor 12  Tahun 2010. Berarti negara menempatkan gerakan Pramuka dan memberikan kepercayaan pada Pramuka sebagai organisasi yang menyelenggarakan pendidikan di luar sekolah untuk mencetak anak-anak yang berkepribadian, memiliki keimanan, ketakwaan yang tinggi, jujur, disiplin, serta tanggap merespon dan membantu sesama dan cinta lingkungan. 

"Semoga KMD ini bisa mengawali untuk memberikan bekal kepada kakak-kakak Pramuka dalam melahirkan anak-anak peserta didik Pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega," harapnya.

Di akhir sambutannya, Rusmadi berpesan kepada peserta KMD agar bisa mengikuti dengan tuntas.

Turut hadir pada kesempatan itu, Camat Samarinda Ulu M Fahmi, Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarcab Kota Samarinda Akhmad Albert R, serta Kapusdiklatcab Kwarcab Kota Samarinda M Hatta Toha. (EKO/HER/KMF-SMD)


Tingkatkan Pelayanan Informasi, PPID Samarinda Gelar Rakor

Berita Sebelumnya

Selain Penanganan Banjir, Perbaikan Sapras di Sekolah Jadi Perhatian Pemkot Samarinda

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar