171 Kali

SAMARINDA. Setelah Selasa (14/1) malam Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati meninjau dan memberikan bantuan di beberapa titik lokasi banjir, giliran Walikota Samarinda Syaharie Jaang bersama Danrem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono, Dandim 0901 Kolonel Kav Tomi Kaloko Utomo dan Kapolresta Kombes Pol Arif Budiman meninjau lokasi banjir mulai di Perum Bengkuring hingga Betapus dan Waduk Lempake, serta Kelurahan Temindung Permai, Rabu (15/1).

 

Walaupun sedang mengalami musibah, namun sambutan hangat diberikan warga kepada orang nomor satu di Kota Samarinda. Seakan-akan kekecewaan yang ramai di medsos sirna. Warga menyapa, menyalami hingga meminta foto bersama dengan pria kelahiran Mahakam Ulu tersebut.

 

Tidak hanya meninjau, Walikota juga mengupayakan konsumsi bagi para korban banjir. Dimana dapur umum sudah disiapkan dari TNI, kemudian beras dan lauk pauk dari Bulog dan Pemkot Samarinda.

 

“Sebenarnya sistem penanganan sudah berjalan sesuai prosedur setiap ada musibah. Hari ini kami turun untuk meninjau apa SOP sudah berjalan dan sekaligus melihat warga yang tertimpa musibah. Dapur umum sudah ada, posko kesehatan juga jalan. Aparat dari BPBD, Satpol PP dan Dishub juga ada. Ini yang saya lihat. Walaupun saya tidak ada di tempat, saya terus memonitor di HP lewat aplikasi CCTV yang terkoneksi di ruang Command Centre. Saya memantau teman-teman BPBD, Dishub, Satpol PP, tim medis dan relawan yang turun di lokasi,” beber Walikota.

 

Bahkan sebut Jaang, dia sudah mengeluarkan instruksi kepada Camat dan Lurah untuk memantau, membantu, serta selalu berada di lokasi banjir pada wilayah tanggung jawab masing-masing.

 

“Kami juga meminta camat dan lurah tidak keluar kota selama banjir. Yang terpenting lagi untuk selalu berkoordinasi dengan OPD-OPD terkait terhadap penanganan banjir,” jelas Jaang.

 

Tidak berhenti sampai disitu, Walikota sesampai di kantor seusai kunjungan banjir langsung memimpin rapat terkait penanganan dampak banjir. Dalam tinjauan banjir kali ini, Walikota didampingi Plt Sekda Tejo Sutarnoto, Kepala Dinas PUPR Hero Mardanus, Plt Kepala BPBD Hendra AH, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nurrahmani, Kepala Bappeda Ananta Fathurazzi, Kepala Satpol PP M Darham dan pejabat lainnya. (KMF2)

 

Penulis/Editor: Doni

Walikota Keluarkan SK Status Siaga Darurat Banjir

Berita Sebelumnya

Malam Hari, Wawali Tinjau Banjir

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar