1655 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Prestasi sudah ada di genggaman tangan. Tinggal mencari yang terbaik dari yang terbaik. Dimana, Dasa Wisma Flamboyan 2 RT 9 kelurahan Sindang Sari kecamatan Sambutan yang menjadi wakil kota Samarinda pada lomba Dasa Wisma tingkat Provinsi Kaltim ini telah masuk nominasi juara.

“Saya sangat senang sekali masuk di kampung ini. Karena bersih, teratur, rapi, padahal di ujung kota. Ternyata Samarinda luas, dan belum pernah sampai ke sini. Alhamdulillah karena Flamboyan 2 saya sampai ke sini,” ucap Tim Verifikasi Lomba Dasa Wisma tingkat provinsi Kalimantan Timur dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltim Rusmilawati mengawali sambutannya pada Kunjungan Verifikasi Dasa Wisma Flamboyan 2, Selasa (19/7/2022).

Ia mengatakan setelah melakukan verifikasi berkas nanti, kota Samarinda termasuk dalam 3 besar yang perlu dikunjungi. “Tujuannya tidak lain untuk melihat secara langsung keberadaan dasa wisma di kecamatan Sambutan ini. Kedatangan kami bukan menggurui, tapi sama-sama mengecek ulang bagaimana kapasitas kelompok dasa wisma Flamboyan ini berperan untuk mendorong masyarakat yang ada di kelompok keluarga,” ungkap Rusmilawati yang datang bersama Abdi Gumbira.

Akhirnya ia mengucapkan selamat kepada Dasa Wisma Flamboyan 2 yang menjadi salah satu nominasi kelompok yang terbaik.

Sebelumnya Ketua Tim Penggerak PKK kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun menyampaikan alasan mengapa memilih Flamboyan 2, dimana menurutnya Flamboyan 2 ini luar biasa dengan berbagai inovasi dan kekompakannya serta lingkungan yang asri, bersih dan sejuk.


“Inovasi dasa wisma luar biasa sekali. Air hujan dimanfaatkan. Bawang putih menjadi bawang hitam untuk kesehatan. Inovasi-inovasi yang luar biasa ini bekerjasama dengan Bank Ramli, pemanfaatan dan pemilihan sampah. Di sini tidak ada sampah yang tidak berguna bagi dasa wisma Flamboyan 2,” katanya.

Ia mengatakan semangat dalam inovasi-inovasi yang luar biasa ini bukan hanya sekedar dalam mengikuti lomba. “Kalau saya selalu menekankan kepada teman-teman di PKK. Jangan hanya sekedar mengikuti lomba. Lomba itu hanya sampingan saja, tapi kebiasaan hidup sehatnya, kepintarannya itu yang luar biasa,” pesannya.

Oleh karena itu ia selalu menyampaikan kepada ketua RT minimal tiap RT memiliki 2 dasa wisma, apalagi saat ini mendapat dukungan dari program Pro Bebaya.

Sementara ketua Dasa Wisma Flamboyan 2 Karyani mengatakan memiliki anggota sebanyak 15 orang yang berdomisili di jalan Dahlia RT 9 kelurahan Sindang Sari, dengan kegiatan rutin pertemuan rutin bulanan, simpan pinjam, arisan, jimpitan, presentasi ketrampilan dan Tanaman Obat Keluarga (Toga).

“Kami juga memiliki inovasi kegiatan seperti Cikah alias Cinta Sedekah, senam, ramadhan berkah, eco enzyme, tabungan Qurban, tabungan berjangka dan kredit barang,” ungkapnya.

Ia menjelaskan Cikah merupakan kegiatan berkolaborasi dengan dasa wisma Flamboyan 1 dan PKK RT 9 dalam bentuk membagikan nasi bungkus gratis di dua masjid setempat. “Pendanaannya berkolaborasi dari masyarakat sekitar dan anggota dasa wisma,” terangnya.


Begitu pula Ramadhan Berkah yang dilaksanakan satu tahun sekali, saat bulan Ramadhan dalam bentuk mengumpulkan dana yang didonasikan untuk lansia ataupun yatim dhuafa di Sindang Sari.

“Sedang tabungan Qurban kita lakukan setahun sekali diikuti oleh anggota Dasa Wisma Flamboyan 2 juga menjembatani masyarakat sekitar yang punya niat ingin melaksanakan Qurban. Alhamdulillah untuk tabungan ini, kita sudah menyembeleh 1 ekor sapi di tahun kemaren dan tahun ini juga 1 ekor sapi,” terangnya.

Mewakili Wali Kota Samarinda, Staf Ahli Bidang Hukum Herry Suryansyah menyampaikan apresiasi terhadap inovasi dari Flamboyan 2 yang telah berjalan baik serta menjadi rutinitas positif yang patut diapresiasi.

Wali Kota juga berharap agar dasa wisma Flamboyan 2 ini mampu memotivasi dasa wisma lainnya, merubah pola pikir warga dari pasif menjadi aktif, meningkatkan kepedulian dengan sesama, membina kerukunan warga serta menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program PKK dan program pembangunan pemerintah serta berpartisipasi dalam mendorong Samarinda menjadi kota pusat peradaban.

Kegiatan kunjungan verifikasi ini dihadiri pula Camat Sambutan Yosua Laden dan ketua Tim Penggerak PKK kecamatan Sambutan Yulianita Yosua, Lurah Sindang Sari Ali Jubaid, kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabag Pemerintah Arief Surochman dan lurah se kecamatan Sambutan.(DON/KMF-SMR)

Wali Kota Lantik Ali Fitri Noor Sebagai PJ Sekda Kota Samarinda

Berita Sebelumnya

Cegah Kenaikan Kasus Omicron, Andi Harun Ingatkan Warga Kembali Aktif Pakai Masker

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar