1170 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun Menerima kunjungan kerja Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Ms Bronwyn Robbins di Ruang VIP Wali Kota Samarinda, Balaikota, Rabu (6/7/2022).

Dalam pertemuan tersebut Andi Harun berbicara soal pendidikan dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang mulai dibangun di Provinsi Kalimantan Timur. Kota Samarinda sangat strategis untuk mendirikan satu Universitas bertaraf internasional karena menurutnya penting bagi Kaltim sebagai Ibu Kota baru dalam membangun sumber daya manusia yang unggul.

Dirinya memiliki mimpi untuk membangun Kota Samarinda menjadi Kota kembar dengan Kota Adelaide yang ada di Australia.

“I have a dream between Samarinda and Adelaide, maybe you can make the sister city in the education sector, tapi saya kurang tau apakah regulasinya memungkinkan tanpa keterlibatan pusat, kalau bisa langsung akan jauh lebih baik, dan Pemerintah Kota Samarinda memiliki lahan yang cukup untuk membangun itu, jadi kalau Australia mau kerja sama tidak perlu lagi membeli tanah, kita sudah punya tanah, saya terbuka untuk melakukan kerja sama dengan Pemerintahan Australia, agar Kota ini bisa terbangun menjadi sebuah Kota Pintar, ” ucap Andi Harun.


Dari Kota Samarinda ke IKN, sambung Andi Harun apabila ditempuh melalui jalur darat hanya kurang lebih 40 kilo meter dengan dua alternatif yakni lewat TOL dan jalur biasa. Bandara yang akan dikembangkan menjadi bandara internasional dikatakannya adalah bandara di Samarinda.

Sebelumnya, Konjen Australia, Bronwyn Robbins mengatakan kunjungannya ke Provinsi Kaltim ini merupakan yang pertama kalinya, dan Senin (4/7/2022) lalu sudah bertemu dengan Gubernur Kaltim, Isran Noor.

“Saya senang berada disini, di Kalimantan Timur, sebuah wilayah yang akan menjadi Ibu Kota Indonesia,” kata Robbins.

Dia mengatakan baru-baru ini Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese mengunjungi DKI Jakarta dan Kota Makassar berbicara serta membahas tentang sejarah panjang kerja sama dan persabatan antara negara Indonesia dengan Australia. Saat itu Anthony Albanese mengatakan Australia akan merevitalisasi hubungan perdagangan dengan Indonesia dan mempromosikan kerja sama dalam bidang iklim, infrastruktur dan energi.

“Australia dan Kalimantan Timur telah memiliki hubungan bisnis dan masyarakat yang kuat selama bertahun-tahun. Kami berharap dapat memperdalam hubungan kita lebih erat lagi,” tutur Robbins.


Selain itu, Robbins juga memberi informasi kepada para pemimpin bisnis tentang peluang dibawah perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia – Australia (IA-CEPA) dan program kerja sama ekonominya, Katalis.

“Merevitalisasi hubungan perdagangan dan investasi, kita akan meningkatkan perekonomian Australia dan Indonesia,” tutup Robbins.

Usai berkunjung ke Balaikota, Robbins dijadwalkan akan mengunjungi Unversitas Mulawarman dan meresmikan Aussie Banget Corner dan berbicara tentang hubungan pendidikan yang erat antara Australia dan Kalimantan Timur. (FER/DON/KMF-SMR)

Pimpin Rakor Bersama OPD, Wali Kota Ingatkan Pejabat Eselon II Jangan One Man Show

Berita Sebelumnya

Samarinda Masuk Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak Tahun 2022 Dari Kementerian PPPA

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar