1176 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 11 Samarinda melakukan kerjasama dengan PT Trakindo Utama terkait program gerakan transformasi edukasi ( generasi) trakindo SMP. Program ini nantinya akan digelar selama tiga tahun, dimana kick off seremoninya berlangsung, Rabu (7/9/2022) pagi di aula gedung SMPN 11, jalan perjuangan.

Penandatangan MOU sendiri dilakukan langsung antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Samarinda Asli Nuryadin bersama Manager PT Trakindo Utama Regional Kaltim Iwan Harisulistiono dan disaksikan langsung Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun serta Kepala SMP Negeri 11 Sunyoto.

Asli dalam laporannya mengatakan di kota Samarinda baru SMPN 11 yang mendapat kesempatan untuk menjalankan program tersebut hingga 2025 nanti. Dimana tujuannya untuk peningkatan kapasitas kepemimpinan dan tata kelola sekolah, peningkatan kualitas pembelajaran sekolah, peningkatan kerja sama sekolah dengan industri, serta meningkatkan praktik baik dan penerapannya untuk keberlanjutan dan perluasan manfaat program.


“Jadi ditahun pertama Trakindo dan SMPN 11 akan bersama menyusun dan melaksanakan peningkatan kapasitas tata kelola sekolah dahulu, lalu tahun kedua menerapkan pembelajaran berbasis penemuan dan mengembangkan tulisan populer praktik memberikan materi tambahan untuk SMP berupa pembelajaran berbasis proyek dan produksi video. Serta di tahun ketiga kedua belah pihak nantinya akan merancang dan menerapkan pembelajaran berbasis tantangan,”urai Asli.

Manager PT Trakindo Utama Iwan Harisulistiono menambahkan jika program kerjasama tadi merupakan program jangka menengah yang berdurasi tiga tahun mulai  2022 hingga 2025. SMP Negeri 11 sendiri bisa terpilih karena ada penilaian tertentu dari tim surveyor Trakindo dari tiga sekolah yang sebelumnya telah diusulkan.

Oleh itu, ia berharap dari program latihan ini setidaknya bisa diaplikasikan dalam mengajar dan mengelola tata sekolah yang lebih baik.


“Sehingga SMPN 11 nanti bisa menjadi sekolah Pengerak  untuk mewujudkan siswa yang berkarakter. Kami juga akan selalu memonitor untuk melihat perkembangan performa siswa dan pengajar di sekolah. Harapannya semoga ilmu dan pelatihan ini juga bisa berlangsung di sekolah lain,”ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Dr Andi Harun dalam pidatonya mengapresiasikan langkah kerjasama yang dilakukan PT Trakindo dalam ikut berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di kota Samarinda.  Wali Kota berharap langkah ini setidaknya  bisa menjadi motivasi bagi pihak lain untuk melakukan hal serupa.

“Saya pribadi menyampaikan terima kasih kepada Trakindo memgingat kerjasama ini menjadi keberuntungan bagi SMP Negeri 11 dimana satu-satunya sekolah yang mendapat kesempatan pembinaan pelatihan dan manajemen sekolah serta keterampilan siswa didik dalam penambahan belajar berbasis proyek dan tantangan sehingga bisa mewujudkan peningkatan kualitas sekolah,”kata Wali Kota. 

Program ini juga sambung AH begitu Andi Harus disapa sebenarnya telah sejalan dengan program pembangunan yang dicanangkan Pemkot dalam mewujudkan Samarinda sebagai pusat peradaban dan sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (CHA/KMF-SMD)

Wali Kota Andi Harun Dukung Program Pertukaran Pelajar AFS, Janji Biayai Satu Peserta

Berita Sebelumnya

Syaparudin Puji Ketua RT 82 Loa Bakung, Bermodal Dana Jimpitan Lingkungan Jadi Terang

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar