113 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi menyambut baik Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) sejak 6 sampai 28 September mendatang akan melakukan entry meeting pemeriksaan kepatuhan pendahuluan atas belanja daerah pemerintah kota Samarinda serta pendapatan dan biaya Perumdam Tirta Kencana kota Samarinda tahun 2020 dan 2021.

Rusmadi memimpin langsung rapat terkait kedatangan BPK Perwakilan Kaltim untuk pelaksanaan pemeriksaan semester I di Ruang Rapat Utama Balaikota Samarinda Jalan Kesuma Bangsa Kelurahan Bugis Kecamatan Samarinda Kota, Selasa (7/9/2021) sore.

Surat Tugas Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kaltim Nomor 237/ST/XIX.SMD/09/2021 dengan dasar hukum pemeriksaan, perubahan ketiga UUD 1945 Pasal 23 E, 23 F dan 23 G. Serta UU NAOMOR 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksaan juga UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Keuangan Negara

Kepala Sub auditor  Kaltim I Bombot Agus Mulyo memaparkan jenis pemeriksa BPK, yang keuangan memiliki tujuan menilai kewajaran laporan keuangan, kinerja dinilai aspek ekonomi, efisiensi atau efektivitas serta PDTT bertujuan memberikan simpulan atas suatu hal yang diperiksa.


“Dari jenis keuangan terbagi 4 yaitu, wajar tanpa pengecualian (WTP), wajar dengan pengecualian (WDP), tidak wajar (TW) dan tidak memberikan pendapat (TMP). Sedangkan kinerja dengan hasil simpulan dan rekomendasi atas aspek kinerja yang dinilai dan bentuk simpulan hasil pemeriksaan bentuk PDTT (Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu) Kepatuhan dan Investigasi,” beber Bimbot Agus Mulyo.

Rusmadi dalam penjelasannya, sasaran pemeriksaan pendahuluan dengan sistem pengendalian intern atas belanja daerah Pemkot Samarinda serta pendapatan dan biaya Perumdam Tirta Kencana Samarinda.

“Kegiatan pelaksanaan dan pertanggungjawaban atas belanja daerah Pemkot Samarinda serta pendapatan biaya Perumdam Tirta Kencana Samarinda, dengan adanya pengawasan serta monitoring dan evaluasi,” jelas Rusmadi.

Lanjutnya, lingkup pemeriksaan pendahuluan dengan anggaran dan Realisasi Belanja Daerah Pemkot Samarinda tahun anggaran 2020 dan 2021 di semester awal.

“Dan pendapatan serta biaya Perumdam Tirta Kencana Samarinda Tahun 2020 dan 2021 di semester I,” tutup Wakil Wali Kota ini. (FAN/DON/KMF-SMD)


Berharap Festival Kuliner Bisa Pulihkan Perekonomian

Berita Sebelumnya

Atasi Antrian Solar di Beberapa SPBU Dalam Kota, Wali Kota Siapkan Tiga Strategi

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar