3212 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Perdana dilaksanakan setelah absen selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, Manasik Haji Cilik tingkat kota Samarinda diikuti dengan antusias para anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) se kota Samarinda.

Sebanyak 5.550 anak dari 155 TK se kota Samarinda yang dibagi 223 kloter mengikuti manasik haji cilik yang dilaksanakan di Islamic Centre, Senin (29/8/2022).

“Harapan kami dari kegiatan manasik haji cilik setelah vakum dua tahun ini, bisa membentuk karakter anak Islami, sholeh dan sholehah serta berakhlak, yang mengenal ibadah haji dengan rangkaiannya diketahuinya. Jadi bukan hanya materi saja tapi langsung dipraktekan melalui manasik haji cilik ini,” ucap Bunda PAUD kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun.

Rinda sendiri merasa bangga dan menilai luar biasa atas antusias peserta manasik haji cilik yang diikuti 1.550 jamaah haji cilik terbagi 223 kloter dari 155 lembaga TK se kota Samarinda.


Menurut Rinda dengan pengenalan sejak dini terhadap nilai-nilai Islam dan aplikasinya sehinga anak-anak tidak hanya hafal urutan rukun Islam tetapi juga mengerti dan tahu bagaimana aplikasinya dalam kegiatan serta mampu mempraktekan kelak dikemudian hari. 

“Dan terpenting dalam kegiatan yang melibatkan banyak orang ini adalah terjalinnya komunikasi dan silaturahmi antar sekolah Taman Kanak-kanak yang berada di Kota Samarinda yang tergabung dalam organisasi GOPTKI Kota Samarinda,” katanya.

Tak lupa selaku bunda PAUD Kota Samarinda, Rinda memberikan penghargaan serta apresiasi yang tinggi terhadap Panitia Pelaksana Manasik Haji Cilik atas terlaksananya kegiatan yang positif ini dan semoga bisa menjadi agenda rutin tahunan bagi GOPTKI.


Sebelumnya ketua GOPTKI Samarinda dr H Sri Puji Astuti mengatakan tujuan manasik haji cilik ini untuk mewujudkan harmonisasi kemitraan antar GOPTKI, Bunda PAUD, BPTKI, instansi terkait dan dunia usaha untuk meningkatkan PAUD berkualitas.

Kemudian lanjutnya memberikan pengalaman ibadah haji untuk melakukan tahapan ibadah secara runtut dari kecil.

“Harapan kita semua tentunya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan semenjak usia dini,” ucap Puji yang juga ketua Komisi IV DPRD Samarinda ini.

Melalui kegiatan tersebut, isteri dari Sekda Kota Samarinda ini berharap pula bisa melatih sikap disiplin, antri, sabar pada diri anak dalam ibadah.

Tidak hanya mempraktekan manasik haji, ribuan anak TK juga melaksanakan shalat Dhuha berjamaah.(DON/KMF-SMR)


Pemkot Samarinda Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri RI

Berita Sebelumnya

Bertemu Wawali, Pertamina Pastikan Ikut Partisipasi Tanam Pohon pada Segmen 7 di SKM

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar