2514 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan mengingatkan kepada seluruh perawat di kota Samarinda agar dalam pengabdiannya bertugas di bidang pelayanan kesehatan terus berusaha lebih profesional serta tetap mematuhi sumpah/janji dan etika profesi.

Hal ini disampaikan Hero dalam sambutannya saat mewakili Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun pada peletakkan batu pertama pembangunan gedung Sekretariat DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Samarinda di Jalan Perjuangan 7 Blok Pasifik Samarinda, Sabtu (28/5/2022).

Menurutnya pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas di Samarinda, sebab Kesehatan termasuk bagian dari indikator dalam menentukan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), serta berperan penting dalam mendorong terwujudnya Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban.


“Tenaga perawat harus mampu memberikan kontribusi terbesar bagi pelayanan kesehatan. Terkadang perawat masih dianggap sebagai tenaga pelengkap terutama di pelayanan kesehatan, bukan sebagai tenaga kesehatan utama. Padahal seluruh waktu yang dilalui pasien di unit pelayanan kesehatan paling besar bersama perawat. Sehingga perawatlah yang dioptimalkan untuk mencapai pelayanan yang prima,” ucap mantan kepala Dinas PUPR kota Samarinda ini. 

Oleh karena itu, ia menyambut baik dimulainya pembangunan gedung Sekretariat DPD PPNI Kota Samarinda, sebagai wadah silaturahmi, dan koordinasi untuk kepentingan dan kesejahteraan para perawat di Kota Samarinda, serta untuk menunjang mewujudkan visi PPNI yakni menjadi organisasi profesi yang disayangi anggota, dicintai pemerintah dan diperhitungkan organisasi lainnya. 

Ia mengharapkan pembangunan gedung ini dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan sehingga perawat yang tergabung di dalam PPNI Kota Samarinda, dapat segera merasakan manfaat dari pembangunan gedung.

Sebelum mengakhiri, masih membacakan sambutan Wali Kota, Hero mengingatkan setiap perawat harus mematuhi Undang- Undang RI No. 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan, bahwa sebagai perawat yang taat hukum, agar segera melengkapi administrasi perizinan yang telah dipersyaratkan tersebut, berupa Surat Izin Kerja (SIK), maupun Surat Izin Praktik Perawat (SIPP) sesegera mungkin.


Ketua DPD PPNI Kaltim Ismansyah mengaku bangga terhadap Pemerintah Kota Samarinda atas keberpihakannya kepada perawat di Samarinda, bahkan menurutnya tertinggi di Kaltim.

“Kehadiran Sekda hari ini, kepala Bapenda, Camat dan Lurah merupakan bukti perawat telah berhasil mencuri perhatian dan kasih sayang dari pemerintah daerah. Saya yakin betul pemerintah daerah bersama perawat dan kami pun perawat akan bersama-sama pemerintah turut membangun kota,” ungkap Ismansyah.

Ia mengatakan pula bahwa perawat telah menunjukkan baktinya berperang dengan Covid-19, tapi ini saja menurutnya tidak cukup namun teruslah berbakti. “Mari kita bersinergi dengan pemerintah dan berpartner dengan pemerintah,” pungkasnya.

Selain peletakkan batu pertama, dalam kesempatan itu dirangkai pula pemotongan tumpeng dalam rangka HUT PPNI sekaligus penyerahan hadiah lomba-lomba.(DON/KMF-SMD)

Hadir di Acara Perpisahan Pelajar SMPN 1 dan SMPN 2, Ini Pesan Wali Kota Samarinda

Berita Sebelumnya

Pemkot Jajaki Kerjasama Pengolahan Sampah Jadi Bahan Produktif dengan PT Serra Industrial Group

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar