246 Kali

SAMARINDA. Menyikapi terjadinya kemacetan di sekitar pusat perbelanjaan dan pasar-pasar tradisional, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun menginstruksikan kepada jajarannya untuk membentuk posko terpadu di pasar-pasar yang ramai dikunjungi.

 

“Saya sudah menginstruksikan kepada Kadis (Kepala Dinas, Red) Perdagangan, Kepala Satpol PP, Kepala Dishub (Dinas Perhubungan, Red), Camat dan Lurah untuk membentuk posko terpadu di Pasar Segiri, Pasar Pagi, Pasar Sungai Dama, Pasar Rahmat dan pasar lain yg biasa ramai pengunjung,” ucap Andi Harun.

Tugas mereka lanjut dia, berupaya semaksimal mungkin agar bisa menata parkir hingga penerapan protokol kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

 

“Sejak pintu masuk hingga aktivitas dalam pasar untuk memotivasi/kampanye 3M, serta mengurai kerumunan bagi pengunjung dan pedagang,” pinta Andi Harun yang pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini.

 

Orang nomor satu di Kota Samarinda ini juga meminta agar ditetapkan penanggung jawab posko dan personelnya di masing-masing posko.

 

“Kita ingin posko terpadu ini maksimal. Sehingga akan ada SOP (Standar Operasional Prosedur, Red) dari operasi posko hingga bagaimana pengendalian dan pengawasannya,” tegasnya.

 

Kemudian terhadap Dishub dan Satpol PP, dimintanya untuk melakukan pengaturan lalu lintas jalan-jalan dalam kota dan ruas jalan lain yang kerap menjadi kawasan macet untuk juga dilakukan. “Kami minta dibentuk tim Covid-19 untuk mengatur kerumunan roda 2 dan roda 4. Ini penting dan harus menjadi perhatian khusus,” tegas Andi Harun lagi.

 

Ia meminta agar Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Camat, dan Lurah untuk segera saling berkoordinasi dengan Disdag, Dishub, dan Satpol PP serta OPD terkait lainnya. Menurutnya, ini bukan sekadar arahan, karena setelah ini dirinya akan memimpin langsung rapat koordinasi terkait tadi.

 

“Mari perkuat sinergitas mempertahankan capaian penanggulangan Covid-19 Samarinda terutama menjelang dan pasca Lebaran Idulfitri 1442 H,” imbuhnya.

 

Tak lupa Andi Harun menyampaikan terima kasih atas etos kerja pro aktif semua pihak. “Di samping ini tugas mulia kita juga Insyaallah bernilai ibadah karena untuk kepentingan keselamatan dan kesehatan warga Kota Samarinda,” tutur Andi Harun.

 

Menindaklanjuti instruksi tersebut langsung digelar Rapat Koordinasi Penegakan dan Disiplin Protokol Kesehatan yang dipimpin Asisten I Tejo Sutarnoto dan Asisten II drg Nina Endang Rahayu, di Ruang Rapat Utama Balaikota Senin (3/5/2021) siang. Dari rapat itu, mulai Selasa (4/5/2021) besok, sudah mulai bekerja di tiga titik utama yaitu jalan di Pasar Pagi sisi darat dan laut, Jalan di Pasar Sungai Dama, dan Jalan di Pasar Segiri.

 

Kemudian selanjutnya di titik lainnya, termasuk arahan pembuatan posko terpadu ikut menjadi pembahasan serius. (DON/HER/KMF-SMD)

 

Kasus Covid-19 Menurun, Rusmadi Ingatkan Warga Tak Boleh Lengah Seperti India

Berita Sebelumnya

Andi Harun Ikuti Rakor Persiapan Idul Fitri, Pesan Mendagri Zona Merah dan Orange Dilarang Shalat Ied

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar