348 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kota Samarinda Dr H Rusmadi melantik Majelis pembimbing, pamong, dan instruktur Saka Bakti Husada Pangkalan RSUD IA Moeis Samarinda.

Pelantikan yang dirangkai dengan ulang janji Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Samarinda ini dilaksanakan di selasar RSUD IA Moeis Samarinda, Sabtu (13/8/2022) malam tadi.

Rusmadi mengatakan Saka Bakti Husada merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang dibentuk dengan tujuan sebagai wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka Penegak dan Pandega, guna penyaluran minat, pengembangan bakat, kemampuan dan pengalaman dalam bidang Kesehatan, yang dapat menjadi bekal untuk mengabdi pada masyarakat, sehingga tercapai kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. 

Selain itu tambahnya termasuk untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, sehat jasmani dan rohani. 


“Sebab walaupun kesehatan bukan segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya tidaklah berguna,” kata Kak Rusmadi demikian panggilan khas di organisasi Gerakan Pramuka ini.

Sebagai agen perubahan, Rusmadi mengharapkan Saka Bakti Husada juga dapat menjadi pelopor kesehatan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. 

Adapun Saka Bakti Husada terdiri dari 6 krida, yaitu Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Pengendalian Penyakit dan Kegawatdaruratan, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, dan Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ia meminta Direktur RSUD IA Moeis beserta jajaran, untuk peran aktifnya dalam kegiatan Saka Bakti Husada. 

“Pembinaan dan pengembangan Saka Bakti Husada dilakukan secara terus menerus dan terintegrasi dengan melibatkan banyak pihak, khususnya semua petugas di RSUD IA Moeis Samarinda,” pintanya.


Tak hanya itu tambahnya lagi, krida-krida serta kecakapan dalam Saka Bakti Husada diharapkan dapat menjadi bekal ketrampilan anggota, dalam melakukan peran serta dalam masyarakat di bidang kesehatan. 

“Mari kita bantu adik adik Saka Bakti Husada, menyiapkan generasi yang sehat, kreatif, dan berkarakter, dalam upaya mewujudkan Sumber Daya Manusia yang religius, unggul dan berbudaya,” pesannya lagi.

Rusmadi berharap Saka Bakti Husada yang berada di pangkalan RSUD IA Moeis mampu bertugas dengan sebaik-baiknya, mengambil ilmu yang bermanfaat, sebagai bekal keterampilan yang berharga bagi masa depan. 

Adapun yang dilantik tadi malam ketua Majelis Pembimbing Saka Pramuka Bakti Husada Pangkalan RSUD IA Moeis dr Hj Syarifah Rohimah Alaydrus MKes AAAK, ketua Pamong Putra Saka Pramuka Bakti Husada Pangkalan RSUD IA Moeis Pratama Laksama Hariadi AMd Kes dan ketua Pamong Putri Hismawati Hasan SKM.

Pelantikan ini dihadiri pula pengurus Kwartir Cabang Samarinda dan Pimpinan Cabang Saka Bakti Husada kota Samarinda dr Dwi Nilasari.(don/kmf-smr)


Digelar di Lapangan GOR Segiri, Puncak HUT Pramuka Berlangsung Meriah

Berita Sebelumnya

Baksos HUT Pramuka, Gelar Pelayanan Kesehatan, KB, Tanam Pohon Hingga Pungut Sampah Sungai

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar