310 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Samarinda memimpin Upacara Hari Pramuka di Halaman GOR Segiri Samarinda, Minggu (14/8/2022).

Rusmadi berharap melalui momentum ini, Pramuka dapat terus memberikan pengabdian yang lebih baik dari hari ke hari. Tentunya dengan semangat sesuai dengan tema pada tahun ini yakni "Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa".

“Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” ucap Rusmadi saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Wases.


Menurutnya, hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat disekitar tempat tinggalnya.

Semua bentuk pengabdian yang telah dilakukan, lanjut dia, telah sejalan dengan Kode Kehormatan, yakni Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

“Di semua Kode Kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antargolongan,” ujarnya.


Saat ini, Indonesia masih dalam situasi pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), dalam membantu dan menanggulanginya, Pramuka menurutnya telah melakukan banyak hal. Diantaranya melalui kegiatan Gerakan Disiplin Nasional , dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk juga patuh pada protokol kesehatan. Serta kegiatan Gerakan Pramuka Kepedulian Nasional, dengan menunjukkan sikap empati dan simpati , siap menolong mereka yang terdampak karena covid-19 ini.

“Saya berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan, sehingga pandemi covid-19 segera melandai dan kita bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan,” tutup dia.

Peringatan Hari Pramuka kali ini semakin meriah dengan suguhan pertunjukan dan tarian dari para pramuka cilik. (FER/ASYA/KMF-SMR)


Bentuk Tim Teknis Lewat Forum TPAKD, Pemkot Samarinda Bakal Kucurkan Kredit Usaha Bagi UKM Bunga Nol Persen

Berita Sebelumnya

Kak Rusmadi Lantik Saka Bakti Husada Pangkalan RSUD IA Moeis, Siapkan Generasi Sehat, Kreatif dan Berkarakter

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar