4070 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS-Persiapan keberangkatan calon jemaah haji dari kota Samarinda terus dimatangkan. Selasa pagi (7/6/2022) Pemkot Samarinda menggelar rapat koordinasi terkait persiapan keberangkatan para jamaah  dari kota Samarinda. Rakor sendiri dipimpin langsung Asisten I Sekretariat Kota Samarinda, Dr Ridwan Tassa dan berlangsung di gedung Balai Kota.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda, Dr H Baequni mengatakan ada sebanyak 259 calon jamaah haji kota Samarinda yang telah siap berangkat ke kota tanah suci Mekah. Dimana dari jumlah tadi dibagi menjadi tiga kloter, yakni kloter 1, kloter 6 dan kloter 7.

“Untuk kloter pertama berangkat pada tanggal 21 Juni, kloter enam 28 Juni dan kloter tujuh berangkat pada tanggal 29 Juni. Semua rombongan berangkat dari halaman GOR Segiri Samarinda menuju asrama Haji Balikpapan,” tuturnya.

Nantinya sambung dia, barang-barang kebutuhan para jamaah yang akan dibawa harus mulai dikumpulkan di kantor Kemenag Samarinda  terhitung dari tanggal 17 Juni.

Sementara, Ridwan Tassa menjelaskan sebelum keberangkatannya, para calon jamaah haji ini akan dilepas secara resmi oleh Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun pada Kamis pagi tanggal 16 Juni mendatang.


“Insya Allah pelepasan untuk seluruh para calon jamaah haji Samarinda ini akan berlangsung di gedung GOR Segiri Samarinda. Jadi semua jamaah akan hadir disini, dimana pak Wali Kota akan memberikan sedikit arahan serta dirangkai dengan manasik umum dan juga arahan dari panitia haji untuk jamaah terkait persiapan apa saja yang harus dibawa sebelum keberangkatan nanti,”kata Ridwan.

Untuk keberangkatan kloter pertama pada 21 Juni nanti, sambung Ridwan, juga rencananya akan dilepas Wali Kota. Jumlah jamaah untuk kloter pertama ini ada sebanyak 186 orang.

“Jika tidak ada halangan kloter pertama akan berangkat dari GOR Segiri mulai pukul 4 subuh, sehingga diharapkan dini hari para jamaah sudah berada di GOR Segiri. Begitu juga dengan kloter 6 pada 27 Juni nanti, sama keberangkatan pada pukul 4 subuh,”ungkapnya.

Berbeda dengan kloter 7 yang berangkat pada tanggal 29 Juni mendatang, sambung Ridwan start dari halaman GOR Segiri mulai pukul 10 pagi. 

“Untuk kloter pertama kita siapkan 6 bis, sedangkan kloter enam dan tujuh cukup dua bis saja. Dalam perjalanannya menuju asrama haji Balikpapan, para calon jamaah haji ini tetap didampingi tim kesehatan dan juga petugas haji dari Kemenag serta Pemkot Samarinda. Untuk mengantisipasi pihak keluarga yang ikut melepas dari para jamaah nanti, kita juga telah menyiapkan petugas dari Dishub, Satpol PP dibantu pihak Kepolisian untuk mengamankan saat keberangkatan di Gor nanti,” tutupnya.(CHA/DON/KMF-SMD)

Wali Kota Terima Kunjungan Rektor UPRI Makassar

Berita Sebelumnya

Terbanyak di Kaltim, Samarinda Borong Penghargaan Sekolah Adiwiyata

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar