737 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS- Bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 61 Gerakan Pramuka tahun 2022, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Samarinda melaksanakan Pelayanan Kesehatan dan KB gratis, penanaman pohon hingga memungut sampah di sungai.

Kegiatan yang terpusat di Gang Taqwa Jalan M Said kelurahan Lok Bahu, kecamatan Sungai Kunjang ini langsung dipimpin ketua Kwarcab Samarinda Dr Rusmadi yang juga wakil wali kota Samarinda, Sabtu (12/8/2022). 

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini adalah pengabdian gerakan pramuka bagi masyarakat dan juga untuk lingkungan,” ucap Rusmadi dalam kesempatan tersebut.


Menurut Rusmadi, pengabdian yang dilakukan ini membuktikan Pramuka hadir di tengah-tengah masyarakat dengan memberi kebermanfaatnya sebagai agen perubahan mendukung mewujudkan Samarinda sebagai pusat kota peradaban.

Oleh karena itu dalam baksos itu lengkap bergabung dari beberapa Satuan Karya Pramuka (Saka) seperti Saka Bhakti Husada (wadah pengembangan dan membaktikan diri di bidang kesehatan), Saka Kencana (Bidang Keluarga Berencana), Saka Kalpataru (Bidang Cinta Lingkungan Hidup) dan Saka Bhayangkara (bidang Kamtibmas).

Dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis yang menyedot animo warga, didukung dari Saka Bhakti Husada yang menerjunkan tenaga medis dari RSUD IA Moeis dan Puskesmas dibawah Dinas Kesehatan Kota Samarinda, begitu pula pelayanan KB pun dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) kota Samarinda.


Salah satu warga yang saat pemeriksaan diketahui tekanan darahnya tinggi dianjurkan oleh petugas agar memeriksa kembali ke Puskesmas disamping telah diberikan penanganan dini. Begitu pula salah satu ibu muda yang berusia 29 tahun berencana akan memasang kontrasepsi IUD yang dinilai lebih efektif cegah kehamilan.

Kemudian dilakukan pula penanaman pohon dibawah koordinir Saka Kalpataru diarea gang Taqwa sebagai Kampung Taqwa dan Kampung Santri. Serta dilanjutkan aksi memungut sampah di sungai menggunakan perahu.

Kegiatan ini didukung pula armada sesuai Saka Pramuka masing-masing seperti baik dari Dinas Kesehatan, RSUD IA Moeis, Puskesmas, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), DP2KB dan BPBD kota Samarinda dengan masing-masing dipimpin langsung ketua Pimpinan Cabang Saka Bhakti Husada kota Samarinda dr Dwi Nilasari, ada pula kepala DLH Nurrahmani (Saka Kalpataru), kepala DP2KB I Gusti Ayu Sulistiani (Saka Kencana).(don/kmf-smd)


Kak Rusmadi Lantik Saka Bakti Husada Pangkalan RSUD IA Moeis, Siapkan Generasi Sehat, Kreatif dan Berkarakter

Berita Sebelumnya

Ketua TP PKK Goes to School, Bahas Pencegahan Pernikahan Dini dan Bahaya Narkoba

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar