51 Kali

SAMARINDA. Menjelang akhir Oktober untuk mencapai target 59 Kampung KB se-Kota Samarinda, terus gencar dilakukan peresmian Kampung KB yang telah memiliki SK Walikota tinggal menunggu peresmian yang ditarget akhir bulan ini.

Kali ini sebanyak 4 Kampung KB di Kecamatan Samarinda Kota diresmikan Wakil Walikota Samarinda M Barkati di gedung serbaguna Yong Jing HK Jl Cut Meutia, baru-baru ini.

Adapun Kampung KB yang dilaunching yakni Kampung  KB Pinang Babaris Kelurahan Pelabuhan, Kampung KB Pinang Sendawar Kelurahan Sungai Pinang, Kampung KB Seroja Kelurahan Bugis dan Kampung KB Cahaya Pagi Kelurahan Pasar Pagi.

Barkati mengatakan pembentukan kampung KB ini adalah tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesia agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang berada di wilayah padat penduduk.

"Kampung KB yang dilaunching pada hari ini menjadi salah satu inovasi strategi untuk dapat mengimplemetasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, keluarga berencana secara utuh di masyarakat. Kegiatan launching Kampung KB ini jangan hanya dimaknai sebagai seremonial saja, akan tetapi juga ditunjukan untuk meningkatkan ketahanan keluarga," ucapnya.

Barkati berharap dengan dibentuknya Kampung KB di  setiap Kelurahan Kecamatan Samarinda Kota ini dapat menambah semangat kepada para penduduk untuk bisa bersama-sama memajukan daerahnya, sehingga dapat sejajar dengaan daerah lain yang telah maju terlebih dahulu, serta tidak ada lagi masyarakat yang tidak ber-KB, khususnya pada usia subur.

"Agar seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan berperan aktif dalam memberhasilkan kegiatan ini dengan mengembangkan dan melakukan sosialisasi kebijakan pengendalian penduduk guna mewujudkan pembangunan berwawasan kependudukan dengan menyerasikan kebijakan pengendalian penduduk dan melakukan pembinaan, serta peningkatan kesertaan keluarga berencana melalui pembinaan dan kemandiriaan ber-KB,“" pungkasnya.

Sementara Sekretaris Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga (DPPKB) Samarinda Veronika Hanum menyampaikan Kampung KB yang akan dilaunching adalah Kampung KB yang ke-55 dari target  59 Kelurahan.

Kepala BKKBN Provinsi Kaltim Eli Kusnaini mengatakan Kota Samarinda adalah kota segudang prestasi, termasuk prestasi di bidang Kependudukan dan KB.

"Dengan  Slogan “Bersama Kita Bisa” saya yakin bahwa kota Samarinda akan bisa lebih berkembang dan  maju, “tuturnya.

Camat Samarinda Kota Anis Siswantini melaporkan Kecamatan Samarinda Kota terdiri dari 5 kelurahan.  Sementara yang sebelumnya sudah melaunching adalah Kampung KB Karang Mumus Kencana Kelurahan Karang Mumus yang dilaunching langsung oleh Walikota Samarinda pada tahun 2015. (kmf10)

Penulis: Eko --Editor: Doni

Kehadiran Pusat Perbelanjaan Modern Di Samarinda Menambah Fasilitas Kota

Berita Sebelumnya

Barkati : Kampung Toleransi Juga Sebagai Pencegahan

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar