66 Kali

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati menghadiri apel Hari Amal Bhakti Ke 74 Tahun 2020 dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor di halaman parkir GOR Segiri, Jumat (3/1).

 

Apel ini selain dipadati siswa/i MTs dan MAN tampak mendampingi Wakil Walikota Barkati, Asisten I Tejo Sutarnoto, Asisten II Nina Endang Rahayu, Asisten III Ali Fitri Noor.

 

Amanat Kemenag RI yang dibacakan oleh inspektur upacara mengatakan agama dengan negara saling membutuhkan satu dengan yang lain untuk mencapai kebahagiaan hidup. Selain itu juga sebutnnya, keshalehan beragama dan loyalitas harus saling mendukung agar dapat menjadi umat yang beragama, shaleh, sekaligus menjadi warga negara yang baik.

 

"Saya perlu menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme," ucap Isran saat membacakan sambutan Kemenag.

 

Sesuai dengan tema Hari Amal Bakti yang ke-74 ini, Gubernur mengharapkan untuk seluruh jajaran Kemenag di Pusat dan Daerah untuk menjadi agen dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama untuk menjadi modal kebersamaan membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

 

Dalam rangkaian upacara dilakukan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya dari Presiden RI bagi PNS Kemenag yang telah mengabdikan dirinya sebagai abdi negara secara terus menerus selama 30 tahun, 20 tahun dan atau 10 tahun. (KMF13)

 

Penulis: Ferdi --Editor: Doni

Pentas Reog Warnai Peresmian Sekretariat Kampung KB dan Karang Taruna Pasopati 16

Berita Sebelumnya

Safari Jumat Di Batu Cermin, Jaang Ungkap Terus Lengkapi Fasilitas Umum

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar