388 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Ketua Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) Samarinda Syaparudin mengapresiasi ketua RT 82 kelurahan Loa Bakung, yang dinilainya kreatif dan inovatif.

“Dengan terobosan Ketua RT 82 ini, Alhamdulillah hubungan sosial antar warga semakin akrab dan kuat, saling kenal dan semangat ke-Gotong Royong-an warga semakin meningkat dan terhindar dari hal-hal negatif seperti kenakalan remaja dan lingkungan anti narkoba,” ucap Syaparudin saat TWAP kota Samarinda melakukan kunjungan ke RT 83 kelurahan Loa Bakung, kecamatan Sungai Kunjang, Selasa (6/9/2022).

Seperti diceritakan ketua RT 82 Loa Bakung Hafidz, lanjut Syaparudin, dulunya hubungan antar warga di lingkungannya sangat individualis alias kurang saling kenal dan kurang peduli terhadap lingkungan sosialnya.

“Diawali ketua RT dengan mengundang perwakilan lingkungan untuk membicarakan hal-hal yang terkait dengan kebersihan RT, gotong royong, keamanan dan siskamling, kondisi covid 19 dan kesehatan warga,” katanya.


Dalam pertemuan itu, akhirnya Ketua RT dan warga sepakat memulai tradisi jimpitan untuk lingkungan RT-nya dengan cara menaruh kaleng atau bekas botol air mineral pada setiap rumah warga dengan sumbangan seikhlasnya Rp 500 atau Rp 1.000. Dimana setiap malam jimpitan itu dikumpulkan pengurus RT. Jika diakumulasi nilai yang terkumpul antara Rp 3 sampai dengan Rp 5 juta setiap bulannya bahkan pernah terhimpun hingga Rp 8 Juta. 

“Dari dana jimpitan itu akhirnya lingkungan RT 82 yang tadinya gelap saat ini telah terang dengan terpasang 130 titik lampu penerang jalan lingkungan,” bebernya.

Tak hanya itu lanjut Syaparudin, Ketua RT juga telah berkebun kates. Dimana  kates itu boleh dikonsumsi warga secara gratis. 

Tak cukup disini, ketua RT juga memberikan pelayanan kesehatan ringan, sekaligus pada saat Covid 19 menyediakan rumah untuk isolasi mandiri sekaligus dokternya.


Saat ini Ketua RT 82 membangun kolam ikan. Dan hasil dari panen ikan akan dijual dalam bentuk ikan segar, mati dan masak. 

Ketua RT saat ini pun sedang bekerjasama dengan Perusda Varia Niaga Samarinda mendirikan unit usaha ritel BEBAYA MART. 

“Pihak RT menyediakan tenaga kerjanya. Dan Insya Allah dalam Minggu ini usaha BEBAYA MART sudah mulai buka,” beber Syaparudin lagi.

Dalam waktu dekat Ketua RT juga akan melengkapi lingkungannya mendirikan unit usaha Caffe untuk warga-nya. 

“Semoga kreativitas dan inovasi Ketua RT 82 Loa Bakung ini bisa diikuti oleh Ketua RT lainnya di Kota Samarinda,” ucap Syaparudin.(LEV/DON/KMF-SMR)

SMPN 11 Jadi Project Program Generasi Trakindo SMP Satu-Satunya di Samarinda

Berita Sebelumnya

Siap Jadi Irup HUT PMI, Sumbang Motor di Penyerahan Piagam Pendonor

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar