57 Kali

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda, M Barkati menyalurkan bantuan gerobak dan tenda dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) di UPT Citra Niaga (06/03).

 

“Kita patut bersyukur karena Pemerintah Pusat bisa memberikan bantuan kepada Kota Samarinda melalui dinas terkait diantara Kapupaten/Kota yang ada di Provinsi Kaltim. Ini mungkin ada kaitannya dengan Ibu Kota Negara dan wajar, serta pantas bila kita mendapatkan perhatian. Karena Samarinda sebagai kota penyangga IKN masyarakatnya harus sejahtera,“ terang Barkati dalam sambutannya.

 

Menurutnya program-program Pemerintah Pusat yang langsung menyentuh masyarakat sangat baik dan tidak lain hanya untuk mensejahterakan masyarakatnya.

 

“Kami mewakili Pemerintah Kota Samarinda tak lupa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementerian Perdagangan RI atas bantuannya. Penerima bantuan ini kiranya bisa bersyukur. Jangan melihat bentuk bantuannya, tapi lihat kepedulian Pemerintah Pusat kepada masyarakat,” ucap Barkati.

 

Karena sebutnya kalau hanya melihat nilainya akan tidak pernah cukup. Diharapkannya dari bantuan gerobak ini nantinya bisa beranak pinak mendapat gerobak yang lain.

 

“Pesan saya gerobak bantuan hendaknya bisa dipelihara, dijaga dan jangan sampai diperjual belikan pindah tangan karena menurut saya itu tidak bersyukur. Karena Pemerintah Pusat juga akan terus mengevaluasi hasil dari tahun ini semoga tahun-tahun berikutnya jumlah gerobak bantuan akan ditambah,” tutur Barkati.

 

Sedangkan untuk penerima wajib pajak Barkati juga berterima kasih karena dari hasil pajak tentunya akan membantu PAD.

 

“Samarinda telah mendapatkan Penghargaan Daerah Tertib Ukur ini menandakan pedagang didaerah Samarinda jujur semua. Oleh sebab itu, untuk beberapa warung makan wajib pajak di sekitaran Citra Niaga akan kita jadikan sampel,” jelasnya. 

 

Sementara itu Ketua Panitia, Imelda menambahkan bahwa maksud dan tujuan acara ini adalah meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam hal ini pedagang agar berorentasi wirausaha supaya mampu meningkatkan daya saing peningkatan pendapatan, serta produktifitas usaha.

 

“Salah satu tugas Dinas Perdagangan adalah menyiapkan sarana dan prasarana, serta membina pedagang. Oleh sebab itu, Dinas Perdagangan melalui Kementerian Perdagangan Republik Indonesia memberikan bantuan kepada UKM, pasar rakyat dan pedagang keliling sebagai dukungan dari Peraturan Pemerintah,” sebutnya.

 

Ia mengatakan Kementerian Perdagangan RI memberikan bantuan berupa gerobak sebanyak 50 buah, serta 10 tenda yang dibagi kepada pasar rakyat di Kota Samarinda.

 

“Sedangkan 9 depot atau warung makan juga mendapatkan nomor wajip pajak atau NPWP. Perlu diketahui juga dari 197 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, untuk Provinsi Kaltim hanya Kota Samarinda yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Perdagangan RI,” tutup Imelda.

 

Ikut hadir dalam acara tersebut mewakili Kementerian Perdagangan RI, mewakili Dinas Perindakop Provinsi Kaltim, Asisten II Kota Samarinda, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Samarinda, Kadis Perdagangan Kota Samarinda, Kepala OPD Terkait, Mewakili Diskominfo kota Samarinda, Camat Samarinda Kota, Lurah se Kecamatan Samarinda Kota, Kepala UPTD, Danramil, Kapolsek, serta tamu undangan lainnya. (KMF5)

 

Penulis: Afdani —Editor: Doni

Pemkot Siap Backup Operasi Barang Ilegal

Berita Sebelumnya

Sambut Mahakam Travel Mart 2020, Jaang Sebut Kota Samarinda Tidak Kalah Dari Kuching, Malaysia

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar