93 Kali

SAMBOJA. Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin mewakili Walikota Samarinda menyaksikan langsung peresmian tol pertama di Kalimantan. Tol Samarinda-Balikpapan yang dibangun era Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak ini diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Selasa (17/12).

 

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menegaskan dengan beroperasinya sebagian Tol Samarinda-Balikpapan akan mempercepat waktu tempuh kedua kota. Dengan adanya tol ini, maka waktu tempuh hanya satu jam dari sebelumnya tiga jam.

 

"Yang biasanya dari Balikpapan-Samarinda memakan waktu kurang lebih 3 jam, 6 jam (Pulang Pergi). Bila menggunakan jalan tol, sekarang paling satu jam atau satu jam seperempat. Dengan demikian kecepatan dan efisiensi bisa kita dapatkan," kata Jokowi.

 

Jokowi mengatakan tol yang diresmikannya hari ini memang baru sebatas seksi 2, 3 dan 4 dari total 5 seksi. Selebihnya baru rampung tahun depan.

 

"Dari 5 seksi, telah selesai 3 seksi. Sepanjang 58,7 km dari total 99,3 km. Jadi kurang 2 seksi lagi. Tapi saya menanyakan kepada Dirut Jasa Marga bahwa ini akan diselesaikan Insya Allah April 2020. Ini jalan tol pertama di Pulau Kalimantan," katanya.

 

Sementara Sugeng yang didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Samarinda, Hero Mardanus mengatakan dengan resminya tol yang menghubungan 2 kota besar ini bisa menjadi hal yang baik untuk kedepannya. (kmf9)

 

Penulis: Hendri --Editor: Doni

Lewat Pendidikan, Jaang Berkomitmen Lebih Tingkatkan Kapasitas

Berita Sebelumnya

Meriah, Puncak HUT DWP Ke 20 Kota Samarinda

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar