56 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Tak hanya mengeluarkan instruksi, tapi Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun pun merogoh kantong pribadinya dengan menyumbang 250 bibit tanaman hias untuk mempercantik segmen bawah jembatan Kembar yang akan dibuat taman tanpa menggunakan APBD Kota Samarinda.

Sebanyak 250 polybag tanaman hias ini langsung diserahkan Andi Harun kepada kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda Nurrahmani di teras halaman kantor DLH Samarinda, Kamis (8/7/2021).

Seperti diketahui, per tanggal 8 Juni lalu Wali Kota telah mengeluarkan Surat Edaran kepada ASN dan PTTB dalam rangka sumbangan tanaman hias untuk memperindah wajah kota dengan menghiasi segmen di bawah Jembatan Kembar.

“Saya berharap kepada teman-teman pejabat eselon dan fungsional serta staf yang belum memberikan kontribusinya bisa segera melengkapinya. Sehingga DLH bisa memulai pekerjaan penanaman bunga atau tanaman di kolong jembatan Kembar,” ucap Andi harun usai penyerahan.

Andi Harun mengatakan saat ini bawah jembatan Kembar terlihat gersang dan tidak tertata. Sehingga lanjutnya harus segera dihijaukan kemudian ditata.

“Tanpa harus menggunakan dana APBD dan mesti menunggu dianggarkan karena butuh waktu juga, maka untuk mempercantik bawah jembatan ini kita swadaya seluruh jajaran pemerintah kota dan dunia usaha. Untuk jumlah kontribusinya sudah diatur, tiap pejabat eselon pun berbeda-beda terlebih staf ASN dan staf PTTB,” ungkap Andi Harun.


Dikatakan Andi Harun, pola bebaya ini untuk kedepan bisa juga diterapkan dalam hal-hal mendesak tanpa harus menunggu APBD. Pola ini pun sebelumnya pernah dilakukan beberapa waktu lalu untuk mengecat trotoar dengan sumbangan cat dari OPD-OPD.

Sementara Nurrahmani mengapresiasi apa yang dilakukan Wali Kota dengan menyumbang 250 bibit tanaman tadi. “Sebenarnya Pak Wali Kota tidak masuk daftar yang diminta untuk menyumbang sesuai edaran yang dikeluarkan. Melainkan mulai dari pejabat tertinggi eselon II A hingga staf ASN dan PTTB diminta untuk menyumbang dan diatur jumlahnya. Kami mengapresiasi sumbangan dari Pak Wali Kota yang beliau sendiri membuat konsep ini, beliau pun care (peduli,red) dengan ikut menyumbang,” ucap Nurrahmani yang didampingi Sekretaris DLH Umar Shodiq.

Yama—demikian Nurrahmani disapa-merincikan sesuai edaran Wali Kota, eselon II A (Sekretaris Daerah) jumlah tanaman yang disumbang 150 polybag, Eselon II B (Staf Ahli) 125 polybag, Eselon II B (Asisten dan Kepala OPD) 100 polybag, Eselon III A 75 polybag, Eselon III B 50 polybag, Eselon IV A 30 polybag, Eselon IV B 20 polybag, Eselon IV A dan jabatan Fungsional 15 polybag, staf ASN 5 polybag dan staf PTTB 2 polybag.

“Pengumpulan mulai 10 Juni hingga 10 Juli. Semua tanaman yang disumbang totalnya 111.786 polybag. Hingga hari ini sudah 70 persen lebih atau sebanyak 79.530 polybag,” ungkap Yama.

Selain menyasar pegawai, lanjut Yama dunia usaha juga diminta partisipasinya untuk mempercantik bawah jembatan Kembar ini. 

“Perusahaan yang kita surati ada 71, dan yang sudah menyumbang 13. Sisanya 58. Sedangkan perbankan sendiri mereka meminta slot khusus dan ada konsepnya membangun taman di bawah jembatan di depan Polres. Nilainya mencapai Rp 120 juta. Konsepnya juga sudah diserahkan ke kita, tinggal menunggu mereka membuatnya,” beber Yama.

Adapun jumlah tanaman hias dari dunia usaha yang sudah menyumbang sebanyak 13 usaha totalnya mencapai 1.374 polybag. 

“Untuk dunia usaha kita meminta tanaman yang besar-besar. Seperti Keladi Hitam Hias, Palam Jepang, Sri Rejeki, Pisang Calathe, Pandan Bali, Kamboja Merah dan jenis lainnya,” pungkas Yama.(DON/CHA/KMF-SMD)


Pemkot Bangun Sinergitas Bersama KKP Samarinda, Cegah Penularan Covid 19 Lewat Pintu Masuk Pelabuhan dan Bandara

Berita Sebelumnya

Kasus Covid-19 Naik, Pemkot Samarinda Tunda PTM di 71 Sekolah

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar