128 Kali

SAMARINDA. Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berencana untuk melanjutkan kembali pembangunan akses jalan baru ke terminal pelabuhan palaran sebagai tempat pemindahan penumpang dari dalam Kota ke Palaran. Posisi jalan yang bakal dibangun nanti tepat di sebelah timur jalan arah masuk pelabuhan peti kemas Palaran.

 

Wacana ini sendiri disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin saat menghadiri rapat tindak lanjut penyelesaian terminal penumpang Palaran, di Ruang Rapat Wali Kota Samarinda Balaikota, Jum'at (7/5/2021) siang.

 

"Pembangunan akses jalan ini sesuai intruksi dari Wali Kota karena menggunakan anggaran pusat mau tidak mau ini harus terbangun,” kata Sugeng.

 

Ia menjelaskan, banyak faktor yang mempengaruhi keterlambatan pembangunan akses jalan tersebut sejak tahun 2016, di antaranya terganjal oleh biaya ganti rugi pembebasan lahan, sehingga Pemerintah harus mencari cara untuk meminimalisir penggunaan pengeluaran anggaran.

 

"Memang rencana ini perlu kerjasama instansi terkait jadi tidak bisa terburu-buru karena ini menggunakan anggaran yang  cukup  besar," akunya.

 

Rencananya sambung dia, panjang akses jalan yang harus dibangun nanti kurang lebih 100 meter, dengan posisi mengambil jalur keluar masuk Pelabuhan Peti Kemas. Status kepemilikan tanah sendiri saat ini adalah milik warga.

 

Pemkot Samarinda sendiri menurutnya optimis jika terminal penumpang Palaran nanti akan terbangun dengan kerjasama instansi terkait. Bar/Cha/SMD-KMF

 

Terus Jalin Silaturahmi, Wawali Sholat Jumat Berjamaah di Masjid Sofiatul Amin

Berita Sebelumnya

Dirjen Cipta Karya Tinjau Jembatan Mahkota 2, Sampaikan ke Wali Kota Langkah Pengamanan

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar