27 Kali

SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda terus berbenah tanpa terpaku dengan anggaran daerah. Kembali melalui program Corporate Social Responbility (CSR) akan menjadikan kelurahan Budaya Pampang  menjadi Kampung Berseri Astra.
Hal ini terungkap ketika Walikota Samarinda Syaharie Jaang menerima kunjungan tim Penyelenggaraan Kick Off Kampung Berseri Astra (KBA), Jum’at (26/10) di Rumah Jabatan Walikota  Jl. S Parman Samarinda.
KBA sendiri merupakan bagian dari CSR Astra Group dengan tujuan mewujudkan kampung yang sehat, cerdas dan produktif.
Program ini diharapkan bisa mengangkat perekonomian, pendidikan, lingkungan dan kesehatan. Kebetulan untuk Kota Samarinda setelah melewati seleksi dan survei oleh tim KBA pada Bulan Juli silam akhirnya Desa Budaya Pampang yang menjadi pilihan Astra Group untuk dijadikan KBA, karena salah satu syaratnya adalah kampung tersebut pernah berprestasi baik tingkat Kota atau Provinsi.
 “Program CSR dari Astra Group ini sangat bagus karena bisa ikut membangun budaya lokal. Sebenarnya untuk budaya di Samarinda yang terus saya dorong sampai ke tingkat nasional itu ada dua selain Pampang dengan budaya Dayak Kenyahnya juga ada Kampung Tenun di Samarinda Seberang," ungkap Jaang.
Dimana lanjut Jaang disana terdapat penenun asli Sarung Samarinda yang sudah turun temurun berasal dari Sulawesi Selatan.
"Karena kita ketahui bersama Sarung Samarinda namanya juga sudah jadi ikon nasional, bahkan seragam pegawai Pemkot Samarinda untuk hari Kamis bermotif Sarung Samarinda dan juga Sarung Samarinda kami jadikan cindera mata untuk tamu–tamu yang datang,” terang Jaang.
Astra Group tidak hanya berhenti sampai merealisasikan KBA itu saja yang rencananya dilaksanakan di Desa Budaya Pampang.
Setelah itu Astra Group juga akan menggandeng Instansi terkait, Biro Travel, Garuda Indonesia untuk ikut menarik para wisata untuk datang dengan membuka jalur destinasi wisata yang ada di Kota Samarinda.
“Program KBA diharapkan tidak berbenturan atau tumpang tindih dengan program dari institusi lain baik swasta maupun pemerintahan. Karena tujuan KBA sendiri lebih fokus pada mensejahterakan masyarakat lokal. Sedangkan Astra Group untuk program ini sudah mengalokasikan dana yang tidak sedikit dan akan dikembangkan selama lima tahun. Untuk wilayah Kalimantan, KBA sudah direalisasikan di Kota Balikpapan dan Pontianak,” terang Wahyuda Pamilusi mewakili tim KBA.
Dengan adanya rencana program KBA di Desa Budaya Pampang yang tujuannya bisa lebih mempercantik lagi tersebut, Pemerintah Kota Samarinda juga tidak tinggal diam dengan akan membangun Gapura megah sebagai pintu masuk ke Desa Budaya Pampang. “Setelah kemarin (25/10) Bandara Internasional APT Pranoto telah diresmikan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo, Pemkot Samarinda siap membangun Gapura megah untuk masuk ke Desa Budaya Pampang karena sebentar lagi Insya Allah penerbangan dari Samarinda ke beberapa Kota yang ada di Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Jogja dan Makassar Sulawesi Selatan segera dibuka," beber Jaang.

Jaang Titip Selalu Doakan Kota Samarinda, Safari Jumat Di Masjid Darul Falihin Perum BAP

Berita Sebelumnya

Walikota Samarinda H Syaharie Jaang SH MSi

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar