26 Kali

SAMARINDA. Walikota Samarinda mendukung pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri/Pengadilan Hubungan Industrial/Tipikor Samarinda menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Hal ini dikemukakan Syaharie Jaang saat Pencanangan di Aula PN Samarinda Kelas I A, Jalan M. Yamin, Jumat (5/4).

"Pemerintah Kota Samarinda sangat mendukung pencanangan ini dalam lingkungan Pemkot Samarinda. Pada tahun 2018 lalu DPMPTSP Kota Samarinda telah meraih predikat WBK dari Kemenpan RB dan sekarang sedang diusulkan untuk mendapat predikat WBBM. Akan tetapi pemberian predikat WBK atau WBBM bukan merupakan akhir dari proses bebas korupsi, karena predikat tersebut akan terus dievaluasi pada setiap tahunnya," sebut Jaang. 

Oleh sebab itu sebutnya bila dalam perjalanan waktu terdapat indikator yang mengakibatkan tidak terpenuhinya maka predikat WBK atau WBBM tersebut akan dicabut.

Sehingga tambah Jaang semakin banyak instansi yang membangun birokrasinya melalui pencangan zona integritas bebas korupsi akan semakin bagus. 

“Upaya ini juga bisa mencegah penyimpangan dan dapat melindungi aparatur kita dari tindakan korupsi,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Pengadilan Negeri Samarinda Abdul Halim Amran menjelaskan bahwa diadakan pencanangan ini supaya masyarakat luas bisa memantau secara langsung reformasi birokrasi khususnya dibidang pengadilan. 

“Dengan semakin terbukanya informasi jaman sekarang maka pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan. Acara pencanga zona integritas ini sendiri diaksudkan untuk membangun komitmen dalam mewujudkan WBK dan WBBM secara bersama khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan public,” tutupnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua Pengadilan Agama Samarinda Syahruddin, Ketua PTUN Samarinda Bonnyarti Kala Lande, Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda Nanang Ibrahim, Dandim 0901 Samarinda Letkol Inf M. Bahrodin, Kapolresta Samarinda AKBP Vendra Riviyanto, Ketua MUI Kota Samarinda, KH. M. Zaini Na’im, Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kaltim Edy Gunawan Areo Lung, Pejabat di lingkungan Pemkot Samarinda, Pejabat di lingkungan Pengadilan Kota Samarinda, Dewan Pers serta undangan terkait lainnya. (kmf5)

Penulis: Afdani

Peringati Isra Mi'raj dan Haul Guru Sekumpul Bersama Keluarga Besar Bank Kaltimtara

Berita Sebelumnya

KemenPANRB Seriusi Usulan Penataan Organisasi Kantor UPBU

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar