115 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEW - Kondisi jalan menuju Bandara APT Pranoto yang kerap rusak menjadi perhatian serius pemerintah. Bahkan Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun di beberapa kesempatan  menyampaikan keinginannya untuk mendorong Pemprov Kaltim agar bisa membangun akses jalan alternatif menuju ke Bandara.

Ternyata ibarat gayung bersambut, harapan Wali Kota ini direspons positif oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Provinsi Kaltim. Dalam rapat pemaparan master plan pengembangan Bandara APT Pranoto Selasa (9/11/2021) kemarin di Gedung Balai Kota, Kepala Dinas PUPR-Pera Provinsi Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda mengatakan rencana pembangunan jalan alternatif dari Kota Samarinda menuju Bandara APT Pranoto sudah masuk dalam agenda tahun depan.

“Rencananya akses jalan alternatif ini mulai dari jalur simpang Outer Ring Road IV hingga tembus ke jalur Kelurahan Budaya Pampang,” tutur Aji.

Dia menerangkan, panjang lintasan nanti hingga ke Pampang mencapai 11 kilometer. Tahun depan sudah masuk dalam tahapan pembebasan lahan.


“Sehingga tahun 2023 sudah mulai dilakukan proses pembangunan badan jalan. Sehingga jika jalan ini sudah selesai terbangun, maka tidak menutup kemungkinan statusnya bisa menjadi jalan nasional,” tuturnya. 

Sementara, Wali Kota Andi Harun dalam kesempatan itu menyambut baik niatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang ingin membangun jalan alternatif menuju Bandara. Karena menurutnya, langkah tadi sesuai dengan harapan Pemkot yang menginginkan jalan-jalan menuju bandara dan pintu masuk ke arah Samarinda bisa semakin baik.

“Kalau sudah masuk agenda Pemprov, tentu ini menjadi kabar gembira buat kami di Pemkot (Pemerintah Kota, Red) dan wajib untuk didukung. Jadi antara Dinas PUPR Provinsi Kaltim dan OPD di lingkungan Pemkot Samarinda nanti tinggal berkolaborasi saja. Jika ada kendala dalam menanggulangi masalah sosial, biar kami yang maju, dan kami juga siap untuk membantu sarana pendukung kegiatan peningkatan jalan alternatif nanti,” ungkap Wali Kota.

Semoga jika ini terwujud, maka ada tambahan suntikan bagi peningkatan ekonomi di sekitar Bandara APT Pranoto dan sektor pariwisata di Kelurahan Budaya Pampang itu sendiri. (CHA/HER/KMF-SMD)

DWP Samarinda Gelar Seminar Pendidikan Literasi Era Digital

Berita Sebelumnya

Tabur Bunga di TMP, Wawali Ucapkan Selamat Untuk Sultan Kukar AM Idris Sebagai Pahlawan Nasional

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar