75 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Samarinda secara virtual, Kamis (22/7/2021) pagi. Musrenbang ini diselenggarakan dalam rangka menyusun dan membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Samarinda Tahun 2021-2026.

Tampak hadir menyaksikan via zoom pagi itu, berbagai unsur masyarakat dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta camat dan lurah yang dihadirkan untuk mendapatkan masukan arah pembangunan Samarinda lima tahun ke depan dari para narasumber.

Wali Kota Andi Harun dalam sambutannya mengatakan pembangunan di tengah situasi pandemi saat ini banyak tantangan, karena dihadapkan dengan situasi yang sulit. Bahkan hingga membuat pertumbuhan ekonomi baik daerah maupun nasional mengalami kontraksi yang hebat.

“Untuk pertumbuhan ekonomi Kota Samarinda saja di Tahun 2020 masih minus di angka 1,19 persen. Tentunya pertumbuhan ini sangat berkaitan nantinya dengan kesenjangan sosial,” kata Wali Kota.

Apalagi sambung dia, dengan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di beberapa daerah, membuat Menteri Ekonomi mengoreksi kembali keadaan pertumbuhan ekonomi nasional yang akhirnya diproyeksikan menjadi 3 persen. Oleh karena itu, Wali Kota berharap dengan Musrenbang ini, setidaknya stakeholder bisa melihat dan merencanakan berbagai strategi dengan barpacu pada pertumbuhan ekonomi Samarinda. Terutama supaya bisa merencanakan pembangunan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Jadi bukan hanya strategi di bidang kesehatan saja, melainkan juga tetap bisa mengatur strategi dalam pembangunan di sektor lain,” celetuknya.

Ia juga mengingatkan program belanja di setiap OPD harus fokus dengan keadaan sekarang, dengan memperhitungkan secara jeli yang disesuaikan dengan kekuatan anggaran belanja daerah.

“Oleh karena itu, saya berharap masukan dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Red) dan juga Bappeda Provinsi Kaltim. Dalam Musrenbang kali ini sangat penting dalam memperkaya dan menambah bobot dalam forum ini. Kita mengharapkan masukan nanti baik dari ketua fraksi di DPRD maupun dukungan dari Forkopimda. Setidaknya bisa menguatkan sinergi yang dicita-citakan untuk menyolidkan kegiatan pembangunan di daerah,” tandasnya.

Tak lupa, Wali Kota juga mengingatkan kepada Kepala Bappeda Samarinda agar melaporkan kepala OPD yang tidak mengikuti forum tersebut sampai selesai. 

“Karena secara virtual, tolong saya minta kepada panitia pelaksana untuk merekam semua kegiatan dan hasil dari forum hari ini untuk segera dilaporkan kepada Wakil Wali Kota Samarinda (Dr H Rusmadi, Red),” tutupnya. (CHA/HER/KMF-SMD)


Agar Pegawai Tak Salat Jauh-jauh, Akan Dibangun Musala di Lingkungan Balai Kota

Berita Sebelumnya

Meski Samarinda Tak Masuk PPKM Level Empat, Wali Kota Imbau Warga Tetap Taat Prokes

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar