3180 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda melakukan sosialisasi pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kecamatan Sambutan. Kamis (9/6/2022) pagi. 

Dalam laporannya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah yang di wakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Pelayanan Informasi Euis Eka Aprilyani  mengatakan bahwa kegiatan ini  mengacu pada Undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP). 

"Karena mengacu pada Undang-undang itu lah kami dari kominfo ingin mengimplementasikan PPID di tingkat kelurahan" Kata Euis.

Tujuannya menurut dia, tentu saja untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, agar mudah dalam mencari informasi seputar program-program Pemerintah Kota Samarinda, termasuk informasi tentang program Wali Kota dan Wakil Wali Kota seperti Probebaya.


Adapun manfaat dari kegiatan ini yaitu, tercapainya peningkatan kualitas PPlD yang responsif, cepat dan tuntas dalam melayani masyarakat, tercapainya PPID yang informatif dalam menyampaikan setiap informasi publik kepada masyarakat dan terwujudnya pengelolaan keterbukaan informasi publik sebagai budaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Kota Samarinda.

Sementara itu, Muhammad Khaidir dari Komisi Informasi mengatakan, lembaga-lembaga yang dibiayai APBN, APBD Provinsi atau kabupaten/kota, baik Iembaga pemerintah maupun non pemerintah wajib menyampaikan informasi kepada publik secara transparan terkait kegiatan, program dan kebijakan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan.


“lnstitusi utama dalam memenuhi hak masyarakat memperoleh informasi pelayanan dan keterbukaan informasi publik adalah saudara-saudara yang berperan sebagai pengelola PPID Pelaksana di Kota Samarinda. Maka semua harus berperan penting dalam mengedukasi dan memahamkan masyarakat tentang capaian-capaian pembangunan maupun kebijakan-kebijakan pemerintah,” tutur Khadir kepada para peserta.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Camat Sambutan Syamsu Nur dan Kepala sub Koordinasi Sub-Subtansi Pelayanan dan PPID. (akbar/kmf-smd)

Silaturahmi ke Polresta Samarinda, Kak Rusmadi Pernah Jadi Bagian Dari Saka Bhayangkara

Berita Sebelumnya

Bangun Sinergitas Dengan BPJS Ketenagakerjaan, Andi Harun Ingin Seluruh Pegawai Pemkot Miliki Hunian

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita Diskominfo

Tinggalkan Komentar