3095 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS-  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda bekerja sama dengan Komisi Informasi (KI) Kaltim kembali menyelenggarakan sosialisasi terkait Pengelolaan Layanan Informasi Publik PPID di tingkat Kelurahan, Rabu (15/06/2022) di aula Kecamatan Samarinda Ulu. Sosialisasi diikuti oleh seluruh Sekretaris Lurah dan Staf Admin Se-Kecamatan Samarinda Ulu. 

Kepala Bidang Pengelolaan Pelayanan Informasi, Euis Eka Aprilyani yang merupakan salah satu narasumber untuk sosialisasi tersebut menjelaskan, masa keterbukaan informasi yang beriringan dengan reformasi menuntut adanya demokratisasi, transparansi, dan supremasi hukum.


“Maka dari itu, Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan informasi kepada publik. Dan jangan di jadikan alasan apabila di Kelurahan memiliki keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), jadi kita semua harus siap melayani masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik juga memiliki konsekuensi. Pasalnya, setiap badan publik tidak lagi berwenang menyembunyikan beragam informasi kepada masyarakat, kecuali kategori informasi yang dikecualikan.


Euis juga menambahkan, ketersediaan dan kebebasan memperoleh informasi publik merupakan elemen penting agar dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab. Langkah itu juga diharapkan dapat meminimalkan praktek-praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Soalisasi ini diharapkan mampu menyamakan persepsi sehingga dapat memberikan pelayanan permintaan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan, agar tidak menyimpang dari ketentuan perundang-undangan yang berlaku,”  pungkasnya. (Akbar/asya/kmf-smd)


Launching Layanan Sejuta Akseptor, Rusmadi : Mari Bekerja Keras, Tak Ada Lagi Bayi Lahir Stunting

Berita Sebelumnya

Target Naik Level, Ratusan Kepala Sekolah Ikuti Training Peningkatan Kapasitas UKS

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita Diskominfo

Tinggalkan Komentar