1435 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Gelar UMKM dan Seni Budaya dalam rangka HUT ke-19 Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (DPP IKAPAKARTI) telah mencapai puncak acara, hal ini ditandai dengan pagelaran Wayang Kulit di Gelora Kadrie Oening, Sempaja, Sabtu (16/07/2022).

Acara yang dibuka langsung oleh Walikota Samarinda, Dr H Andi Harun pada hari Kamis (14/07/2022) tersebut, puncak acaranya ditutup oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dengan ditandai penyerahan lakon Wayang Kulit, Semar kepada sang Dalang Ki Anom Dwijo Kongko sebagai tanda pertunjukan yang digemari orang Jawa ini dimulai.


Orang Nomor satu di Kaltim ini pun salut dengan masyarakat jawa yang berada di Kalimantan Timur ini, sebab setiap ada pagelaran Wayang Kulit, pasti warga dalam kota maupun lintas kota rela jauh-jauh demi menonton atraksi sang dalang.

"Saya lihat dari yang tua bahkan yang muda pun ikut berkumpul. Saya yakin warga sebanyak itu tadi bukan hanya dari Kota Samarinda saja, tapi bisa jadi ada juga yang daerah lain. Tentunya ini adalah bentuk bahwa kesenian budaya Wayang Kulit ini sangat-sangat diminati," ucap Isran Noor.


Wakil Walikota Samarinda yang sekaligus menjadi Ketua Umum DPP Ikapakarti, Dr H Rusmadi pun takjub dengan penonton yang hadir.

"Saya melihat antusiasme warga Jawi memadati area parkir Gelora Kadrie Oening ini sudah sangat senang sekali. Apalagi orangtua yang membawa anaknya, ini adalah bentuk pengajaran dan edukasi agar sang anak tidak melupakan seni budaya dari darah asalnya. Hal inilah upaya kita yang bukan hanya menghibur, tetapi juga upaya untuk melestarikan budaya, seperti Sandima, Sandiwara Mamanda kemarin, dan Wayang Kulit pada malam hari ini," terang Rusmadi.

Puncak Syukuran HUT ke-19 DPP Ikapakarti pun ditandai pula dengan Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Gubernur Kaltim, disusul oleh Ketua DPP Ikapakarti, Dr H Rusmadi. (THR/ASYA/KMF-SMR)


Rusmadi Buka Kegiatan Sekolah Pasar Modal HIPMI Samarinda

Berita Sebelumnya

Bersama Wagub Hadi Mulyadi, Wali Kota Samarinda Andi Harun Resmikan Columbarium Komplek Pemakaman Warga Tionghoa di Serayu

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar