302 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun ikut hadir dan menyaksikan kegiatan pengukuhan pengurus Rumah Flobamora Kota Samarinda, Minggu (4/7/2021) sore. Kegiatan pengukuhan pengurus paguyuban warga Samarinda asal Nusa Tenggara Timur (NTT) di bawah bimbingan Ketua Dewan Pembina Akhmad Albert Rainbern itu dilakukan di Lokasi Air Terjun Pinang Seribu, Samarinda Utara.

“Harus kita akui bahwa kasus Covid-19 (Corona Virus Disease 2019, Red) ini terus meningkat, termasuk di Samarinda sendiri. Sehingga harus bisa kita waspadai bersama dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan di mana saja kita berada,” ujar Wali Kota dalam sambutannya.

Karena diakuinya, Covid-19 saat ini tidak hanya mengganggu dimensi kesehatan, tetapi juga hingga ke dimensi ekonomi baik nasional maupun daerah. Bahkan hingga membuat APBD Samarinda terjun bebas dan berkurang sebanyak Rp1 triliun.

“Bayangkan, dana Rp1 triliun itu kalau dipakai untuk menangani banjir di Kota Samarinda ini saja, mungkin sudah bisa beres,” terangnya.

Meski begitu lanjut Wali Kota, warga tidak boleh hidup pasrah dan pesimis. Karena menurut dia, perekonomian juga harus tetap tumbuh dengan baik. Untuk itu, ia mengajak segenap warga untuk mau berperang melawan Covid-19.


“Berperang bukan dalam artian kita harus mengangkat senjata seperti zaman penjajahan dulu. Kita berperang melawan Covid-19 dengan cara tertib dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kita juga harus optimis, suatu saat nanti kita akan menang melawan Covid-19,” tegasnya di hadapan para pengurus dan tamu undangan yang baru dilantik itu.

Orang nomor satu di Kota Samarinda ini juga berpesan kepada segenap warga Flobamora untuk ikut menjaga keamanan dan kondusifnya kota ini. Karena menurut dia, keamanan daerah menjadi salah satu kunci utama suksesnya sebuah pembangunan.

“Kalau aman dan kondusif, kita tidak akan kesulitan menghadapi permasalahan-permasalahan yang lebih besar ke depan. Semangat persatuan harus terus kita gaungkan bagi segenap warga tanpa memandang latar belakang perbedaan suku, agama, dan lain sebagainya. Semoga Samarinda menjadi rumah bersama kita yang aman dan damai,” harapnya.

Sementara Ketua Umum Rumah Flobamora Kaltim, Yakobus Beribe yang melantik para pengurus itu menitipkan banyak pesan moril. Ia berharap agar para pengurus bisa mengayomi dan bekerja dengan masyarakat Samarinda dari mana saja asalnya. 

“Yang juga tidak kalah penting adalah jangan sampai menjadi organisasi proposal. Tapi harus menjadi organisasi dengan program-program yang jelas dan terukur, serta nyata,” tandasnya.

Yakobus juga berharap agar Flobamora Samarinda jangan sampai menjadi organisasi balon yang besar dan bisa terbang ke udara, tapi isinya justru kosong. Sebaliknya, harus berisi orang-orang yang memiliki kualitas dan integritas yang tinggi.

“Yang terakhir, pengurus adalah orang-orang yang tugasnya mengurus organisasi dengan program-program kerja yang jelas. Jadi pengurus jangan minta diurus,” pesannya.

Hadir pula mendampingi Wali Kota, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Di antaranya Kepala Badan Kesbangpol Sucipto Wasis, Kepala Dinas Pariwisata I Gusti Ayu Sulistiani, Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Helmi Abdullah, serta Ketua TP PKK Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun. Berikut sejumlah tamu undangan dari sejumlah Paguguban yang ada di kota ini. Secara umum, kegiatan ini berjalan lancar, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (HER/KMF-SMD)


Pastikan Layanan Kesehatan Terakses Warga Tanpa Kesulitan Finansial

Berita Sebelumnya

Tinjau Vaksinasi Massal di Big Mall, Wali Kota Sebut Langkah Bentuk Herd Immunity Warga Samarinda

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar