52 Kali

SAMARINDA. Meski masih dalam pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Samarinda ke 353 dan HUT Pemkot ke 61 tetap dilaksanakan secara protokol kesehatan ketat dan sederhana.

“Pak walikota (Syaharie Jaang, red) berpesan pelaksanaan HUT kota diadakan secara sederhana dengan mengedepankan prinsip keamanan dan keselamatan karena kita masih dalam kondisi pandemi covid 19,” ucap Plh Sekda Kota Samarinda yang menjabat Asisten I Tejo Sutarnoto ketika memimpin Rapat Persiapan HUT kota di ruang rapat wakil walikota, Selasa (5/1/2021).

Dalam rapat yang dihadiri panitia HUT lintas OPD ini disebutkan pelaksanaan upacara pada hari Kamis tanggal 21 Januari 2021 akan dilaksanakan di lapangan parkir barat Balaikota Samarinda dengan protokol kesehatan yang pesertanya terbatas dan selebihnya secara virtual atau video conference (vidcon).

Upacara dilaksanakan di lapangan dengan peserta terbatas yaitu wali kota dan isteri, wakil walikota dan isteri, Forkopimda, Sekda dan isteri, Asisten. Dimana Irup langsung oleh walikota. Sedangkan Via Vidcon dan secara langsung diikuti Kepala OPD, Sekretaris OPD, Kabag, Lurah, Kepala TK/SD/SMP, Kapimpus

“Biasa apel HUT ini kita laksanakan di halaman parkir GOR Segiri. Untuk tahun ini dengan peserta terbatas dan protokol kesehatan serta kegiatan yang singkat dan padat di halaman parkir barat balaikota,” tegas Tejo.

Namun sebelumnya rangkaian HUT diawali ziarah Taman Makam Pahlawan, Senin 18 Januari dilaksanakan Upacara dan Tabur Bunga dengan peserta terbatas pada pagi hari, setelah itu lanjut ziarah makam Pendiri Kota Daeng Mangkona tanpa ada penyambutan tari-tarian seperti biasanya dan menggunakan jalur darat menuju Samarinda Seberang, yang mana biasanya menggunakan kapal wisata.

Kemudian Rabu, 20 Januari dilaksanakan sidang Paripurna HUT kota pukul 10.00 WITA dengan tempat Vidcon di DPRD, aula Rumah Jabatan dan di tempat masing-masing. Konsepnya, Paripurna dilaksanakan di Gedung DPRD dengan peserta Anggota DPRD, Vidcon di Rujab dengan peserta  wali kota, wakil wali kota, sekda, asisten dan vidcon di tempat masing-masing dengan peserta Forkopimda, Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah.

Kembali dilaksanakan di tahun ini ziarah ke makam walikota dan wakil walikota Nusyirwan Ismail di TPU Muslimin jalan Abul Hasan, Jumat 22 Januari.

Selain mengemas rangkaian agenda inti HUT dengan protokol kesehatan dan sederhana, dikatakan Tejo tahun ini kegiatan pameran pembangunan, pagelaran kesenian hiburan rakyat dan lain sebagainya yang biasanya dikemas dalam event tahunan Pekan Raya Samarinda (PRS) ditiadakan.

“Walaupun dilaksanakan secara sederhana namun harun tetap meriah. Kami harapkan peran serta kepala OPD sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan agar tetap memasang umbul-umbul, baliho dan spanduk biar masyarakat mengetahui dan mengingat bahwa kita ada acara agenda tahunan yaitu memperingati HUT kota Samarinda ke 353 dan HUT Pemkot Samarinda yang ke 61,” tegas Tejo.

 

Tejo mengatakan rangkaian kegiatan HUT ini tetap yang menjadi dasar acuan adalah Inpres, SKB tiga menteri tentang Protokol Kesehatan covid-19 dan 3M. “Ini adalah acuan kita,” pungkas Tejo.(kmf-smd/foto:hir)

Di akhir Jabatan, Jaang Akan Resmikan Intake Makroman dan Sungai Kapih

Berita Sebelumnya

Barkati : Penting, Toleransi Dalam Umat Beragama

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar