8449 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Peningkatan kapasitas pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bengkuring sebesar 60 liter per detik kembali menambah jangkauan pelayanan daerah. Kini warga bisa menikmati pelayanan air bersih dialiri selama 24 jam dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Samarinda.

Peresmian Pembangunan Peningkatan IPA Bengkuring kalasitas 60 liter/detik ini langsung dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Dr Isran Noor didampingi Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun dan Direktur Utama Perumdam Tirta Kencana Samarinda Nur Wahid Hasyim di jalan Pakis Bengkuring Samarinda Utara, Senin (30/5/2022).


“Dengan beroperasinya IPA Bengkuring yang telah ditingkatkan kapasitasnya, kita berharap cakupan air bersih di Samarinda berkategori mantap dan masyarakat (Bengkuring dan sekitarnya) yang selama ini dialiri secara bergilir 2 hari sekali, akan bisa dialiri 24 jam,” ucap Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun kepada wartawan disela peresmian penambahan Kapasitas IPA Bengkuring.

Andi Harun mengemukakan selama kepemimpinannya terus berupaya meningkatkan pelayanan air bersih di kota Samarinda dengan target tahun depan sudah bisa mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah di beberapa daerah yang awalnya belum mengalir 24 jam, kini sudah bisa 24 jam seiring adanya penambahan kapasitas. Seperti di wilayah Sambutan dengan diresmikannya di Sungai Kapih warganya kini sudah dialiri 24 jam,” beber Andi Harun.

Tak hanya itu, lanjutnya juga di Gunung Lingai pun kini sudah 24 jam mengalir. “Setelah hari ini di Bengkuring pun sudah bisa 24 jam dan Insya Allah tahun depan lagi peningkatan kapasitas di IPA Cendana, sehingga semakin memantapkan pelayanan air bersih. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa 100 persen,” katanya penuh semangat.

Andi Harun mengatakan untuk program peningkatan pelayanan air bersih di kota Samarinda, menggunakan 3 sumber pendanaan, baik APBD kota, APBD Provinsi maupun APBN.


Andi Harun juga merasa senang dengan beroperasinya peningkatan kapasitas IPA Bengkuring. Selain air bisa mengalir 24 jam, juga dimungkinkan untuk penambahan pelanggan sebanyak 3.000 SR.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim dalam sambutannya mengharapkan dengan peresmian ini fasilitas infrastruktur dasar warga Kaltim, khususnya Samarinda makin dapat terpenuhi khususnya kebutuhan air bersih.

“Sebenarnya untuk layanan air bersih, di perkotaan rata-rata cakupannya diatas 80 persen, tinggal di perdesaan lagi. Kita Pemprov juga akan membantu kabupaten/kota dalam peningkatan pelayanan air bersih,” tegasnya.

Peresmian ini dihadiri pula Forkopimda Provinsi Kaltim, direksi Perumdam Tirta Kencana bersama Dewan Pengawas, serta jajaran Dinas PUPR dan Pera Kaltim.(DON/CHA/KMF-SMD)

Wali Kota Samarinda Hadir Dalam Laga Final Turnamen Gajah Mada Cup U-17

Berita Sebelumnya

Nama Wali Kota Samarinda Ke - 3 Kadrie Oening Diabadikan Jadi Nama Stadion Madya Sempaja

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar