1456 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali kota Samarinda Dr H Andi Harun membuka Rapat kerja daerah (Rakerda)  Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) tahun 2022  di ruang Mangkupelas Kantor balai kota, Kamis.(19/05/2022) pagi.

“Saat ini Negara dan kota kita sedang dalam tahap pemulihan  pandemi Covid-19.  Seiring dengan itu anak-anak kita juga ada yang menderita stunting dan issu terakhir adalah terjadinya penyakit hepatitis akut dan  tiba-tiba tak diketahui penyebabnya pada anak usia 11 bulan - 16 tahun,” ucap Andi Harun mengawali sambutannya.

Menurut Andi Harun kondisi ini sungguh mengejutkan karena yang diserang adalah anak-anak dan remaja yang disiapkan untuk menjadi generasi penerus  setiap negara, termasuk Indonesia. 

“Jangan sampai kita kehilangan generasi muda, oleh karena itu pencegahan di awal jauh lebih baik. Untuk sekolah sangat tepat dan strategis dilaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M),” ujar wali kota lagi. 

Ia mengatakan seperti diketahui bersama bahwa UKS/M bertujuan untuk membina dan meningkatkan Kesehatan Anak Usia Sekolah pada setiap Satuan Pendidikan  dan di samping itu juga bertujuan membantu meningkatkan  mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmoni dan optimal. 

"Saya berharap sekolah  bisa menjalankan  secara sinergis, dan holistik, bukan sekedar untuk memenangkan lomba/ kejuaran, tetapi lebih, agar menjadi kebiasaan dalam bersikap dan berperilaku hidup sehat,” pesannya.

Ia juga meminta seluruh seluruh sekolah melakukan gerakan bersama dan bersama-sama untuk mewujudkan sekolah sehat yang ditunjukkan dengan meningkatkan stratifikasi UKS yang mulanya ada pada strata minimal meningkat menjadi standar, yang standar berubah menjadi optimal, yang semula optimal naik menjadi strata paripurna.


“Paling tidak 20% sekolah penyelenggara UKS/M berstandar Paripurna pada tahun 2025. Saya minta TP UKS Kota melakukan pembinaan. ke TP UKS Kecamatan dan TP UKS Kecamatan melakukan pembinaan kepada Tim Pelaksana Sekolah bersama dengan Instansi terkait di Kelurahan sekolah itu berdomisili,” tutupnya. 

Sebelumnya ketua pelaksana yang juga Kabag Kesra Sekretariat Kota Samarinda Qummarul Zaman mengatakan pelaksanaan Rakerda UKS/M dilaksanakan secara tatap muka dan secara zoom meeting dengan mengangkat tema meningkatkan derajat kesehatan anak usia sekolah melalui gerakan UKS/M untuk mewujudkan Samarinda lebih baik sebagai kota peradaban.

Adapun pesertanya pimpinan Puskesmas serta  pembina UKS/M Taman Kanak Kanak, SD, SMP, SMU dan madrasah se kota Samarinda. (EKO/DON/KMF-SMD).


Jajaki Kerjasama Kemitraan dengan Pelindo, Pemkot Samarinda Gali Potensi Kepelabuhanan

Berita Sebelumnya

Samarinda Miliki Rumah Restorative Justice, Wali Kota Harapkan Masyarakat Melek Hukum Menyelesaikan Perkara di Luar Pengadilan

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar