127 Kali

SAMARINDA. Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang menyerahkan panji kwartir tergiat tahun 2020 kepada kwartir ranting pramuka Kecamatan Loa Janan Ilir, di halaman parkir rumah jabatan Wali Kota Samarinda, Kamis (28/1) pagi.

 

Penilaian sendiri dilakukan pada akhir tahun 2020 dalam rangkaian menyambut HUT Kota Samarinda dan Pemerintah Kota. Selain ranting Loa Janan Ilir, panji kwartir tergiat dua juga diraih pengurus ranting gerakan pramuka Kecamatan Samarinda Ilir serta tergiat tiga diperoleh pengurus ranting gerakan pramuka Kecamatan Samarinda Utara.

 

Pagi itu, Jaang juga menganugerahkan Satya Lencana Panca Warsa Satu kepada Wakil Ketua Kwartir Cabang Pramuka Samarinda, Isfihani.

 

Dalam pidatonya, wali kota memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus gerakan pramuka kwartir cabang Kota Samarinda yang telah meneruskan kegiatan penilaian tadi yang merupakan ide perencanaan dari almarhum Arpan Zainal selaku ketua gerakan pramuka Samarinda yang telah meninggal dunia di akhir tahun kemarin.

 

“Alhamdulillah akhirnya kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar yang merupakan amanah dari almarhum, semoga penilaian tadi bukan hanya sekedar lomba tapi juga bisa menjadi sarana untuk memotivasi jajaran kwartir untuk lebih cakap, terampil dan peka terhadap lingkungan sekitar,” pinta Jaang didampingi Kadispora Samarinda, Erham Yusuf.

 

Oleh itu, Wali Kota Samarinda ini juga menaruh harapan kepada gerakan pramuka kwartir ranting yang berada di Kecamatan bisa menjadi motor penggerak dalam pelestarian lingkungan. Khususnya membentuk pribadi generasi-generasi muda yang peka terhadap sosial lingkungan dengan melakukan aksi-aksi yang sederhana tapi bermanfaat, seperti menghemat air, listrik serta mengkampanyekan transportasi ramah lingkungan seperti bersepeda.

 

“Mungkin hari ini orang sekitar kita masih belum menyadari manfaat aksi sederhana tadi, tapi yakinlah tidak ada suatu kebaikan berbuah sia-sia, jika belum dirasakan manfaatnya oleh orang lain setidaknya berguna untuk diri sendiri,”urainya.

 

Untuk diketahui, Kota Samarinda juga memperoleh penghargaan sebagai Kwartir Cabang Tergiat III tingkat provinsi Kaltim tahun 2020.

 

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Samarinda, Abdul Muis menambahkan jika dirinya diberikan mandat hingga Mei untuk memimpin sementara gerakan pramuka cabang Samarinda sepeninggal almarhum Arpan Zainal.

 

Sebab itu, beberapa kegiatan termasuk salah satunya penilaian lomba terhadap kwartir ranting tergiat kini sudah selesai terlaksana.

 

“Sekarang keinginan kami cuma berharap semoga sebelum musda nanti pengurus gerakan pramuka Samarinda sudah memiliki sekretariat yang representatif untuk menunjang setiap kegiatannya,”tuturnya menutup. (cha/don/kmf-smd)

KPU Rapat Evaluasi dan Pembubaran AD HOC, Partisipasi Pemilih Samarinda Terendah Kaltim

Berita Sebelumnya

Jaang: Olahraga Itu Penting, Meski Secara Ringan

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kabar Olahraga

Tinggalkan Komentar