159 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) E-Sport Indonesia (ESI) Kota Samarinda periode 2020-2024 resmi dilantik di Hotel Diamond Samarinda, Rabu (16/6/2021) siang. Pembentukan pengurus cabor ini dimaksudkan untuk mewadahi anak-anak muda pecinta game supaya dapat menyalurkan bakat demi meraih prestasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua umum ESI Kaltim Danni Koswara, Anggota DPRD Kota Samarinda Deny Hakim, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Samarinda Aspian Noor, serta Pengurus Cabang ESI kabupaten/kota se-Kaltim.

Usai melantik Pengurus ESI Kota Samarinda, Danni Koswara mengatakan banyak yang menganggap Olahraga E-Sport sebagai olahraga yang negatif, karena mereka hanya melihat dari segi bermain game. 

"Tapi yang perlu diketahui, E-Sport ini ada hal positifnya yaitu kerja sama, sportivitas, dan keinginan untuk menang itu adalah salah satunya. Kami di ESI Kaltim juga menyiapkan atlet-atlet, tidak hanya untuk bertanding saja tetapi mempersiapkan fisik, mental, serta tekniknya dalam bertanding," ungkapnya.


Ia juga berharap agar ESI Kota Samarinda bisa menunjukan  perkembangan eksistensinya secara bertahap. 

Sementara Deni Hakim menyebut Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta KONI telah mengakui secara resmi E-Sport sebagai cabor prestasi di Indonesia. Tak bisa dipungkiri, semakin pesatnya perkembangan teknologi digital, menjadikan E-Sport sebagai  industri olahraga yang berkembang pesat. 

"Bahkan pemerintah telah mendukung dengan telah diselenggarakannya berbagai  turnamen dengan peminat yang besar," ucapnya.

Di tempat yang sama, Aspian Noor mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus Cabang E-Sport Kota Samarinda, semoga dapat mengemban amanah yang telah diberikan. Dengan terbentuknya pengurus E-Sport di Kota Samarinda, diharapkan dapat mewadahi para atlet untuk meraih prestasi, baik di tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.


Sementara Wali Kota Dr H Andi Harun yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda Dr Aji Syarif Hidayatullah menyatakan penggemar video game mungkin sudah familiar dengan E-Sport. Tapi tidak untuk di kalangan umum, di mana masih banyak yang belum mengetahui apa arti E-Sport.

"Belakangan ini E-Sport menjadi salah satu cabang olahraga resmi yang diadakan oleh Badan Olimpiade Asia. Mereka mengadakan E-Sport ini di even seperti ASEAN Games ataupun di SEA Games. Banyak penggemar video game yang mulai serius dalam mengembangkan kemampuannya untuk bermain," ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda lanjut dia, berkomitmen untuk mendukung E-Sport dan membawa prestasi bagi Samarinda. Salah satunya dengan menghadirkan wadah-wadah kompetisi yang terukur dan berjenjang.

Di akhir sambutannya, mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Samarinda ini menyampaikan ucapan selamat kepada semua pengurus cabang E-Sport Indonesia Kota Samarinda yang beru dilantik. Ia juga mengingatkan kepada semua agar  selalu menjaga protokol kesehatan (prokes) Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Apapun kegiatan yang dilakukan, harus selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak,  menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. (EKO/HER/KMF-SMD)


Kajian Akademis Kebijakan, Pemkot Gandeng LAN Samarinda