58 Kali

SAMARINDA. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Samarinda mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kelitbangan Tahun Anggaran 2020 melalui vidcon di Rumah Jabatan Walikota Samarinda, Jl S Parman No.1 Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu, Senin(14/12) siang.

 

Acara Rakorda Kelitbangan ini dibuka langsung oleh Walikota Samarinda didampingi Asisten II Setda Kota Samarinda Nina Endang Rahayu, Kepala Balitbangda Kota Samarinda Isfihani, Kepala Puslatbang KDOD LAN Samarinda Mariman Darto, Rektor Universitas Mulawarman Mas Jaya, Rektor Universitas Widyagama Mahakam Ali Mushofa, Direktur Politeknik Negri Samarinda Ramli, dan Direktur Politeknik Pertanian Samarinda Hamka.

 

Walikota Samarinda menyampaikan, kegiatan ini bermaksud untuk memberikan pemahaman kepada para penyelenggara maupun pelaksanaan Pemerintah Daerah tentang peran dan fungsi, serta regulasi juga kebijakan Pemerintah di lingkungan pemerintah dalam penyelenggaraan tugas pemerintah daerah secara terarah.

 

“Juga berkesinambungan dan terkoordinasi dalam meningkatkan efisiensi, serta efektivitas dalam penyelenggaraan Pemerintah” tutur Jaang.

 

Jaang mengatakan penyelenggaraan Rakor Kelitbangan yang diselenggarakan oleh Balitbangda Samarinda perlu diapresiasi dalam rangka pemberdayakan peran dan fungsi lembaga litbang itu sendiri. Ia menyampaikan keberadaan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam menghadapi era globalisasi juga pada saat pandemi Covid-19 merupakan indikator dan sebagai faktor kunci dalam rangka peningkatan daya saing daerah.

 

“Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan Di Kemendagri dan Pemda, maka perlu dibentuk organisasi kelitbangan,” ungkap Jaang

 

Dikatakannya Rakorda Kelitbangan merupakan sarana yang tepat untuk mendapatkan masukan-masukan dalam kerangka menyusun arah kebijakan dan mempercepat rencana strategis di bidang sosial dan pemerintahan, ekonomi dan pembangunan, serta inovasi dan teknologi guna mendukung kebijakan-kebijakan daerah di Kota Samarinda.

 

Jaang berharap agar para peserta Rakorda dapat berperan aktif dalam mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, mengingat dalam pelaksanaan Rakorda Kelitbangan ini nantinya akan dapat menghasilkan Penelitian atau Kajian yang mendukung dan sebagai kebijakan-kebijakan strategis yang dapat menunjang proses percepatan pembangunan melalui program kelitbangan, serta menjadikan lembaga kelitbangan sebagai think tank kebijakan Pemerintah Kota Samarinda.

 

Sementara Isfihani mengatakan semua harus berubah, harus mempunyai mimpi besar, juga punya kemauan dan komitmen yang hanya kita bisa berubah, serta melakukan perubahan terhadap diri kita dan pekerjaan kita, sehingga apa yang  diimpikan dapat tercapai. (fan/don/kmf-smd)

 

Stop Korupsi, Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK Di Disdik Samarinda

Berita Sebelumnya

Samarinda Raih Penghargaan Peduli HAM

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar