83 Kali

SAMARINDA. Masalah yang patut diperhatikan di kota- kota besar termasuk Kota Samarinda saat ini adalah masalah lalu lintas. Hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas lintas setiap tahunnya.

 

Perkembangan lalu lintas menyebabkan pengaruh negatif maupun positif bagi kehidupan masyarakat. Setiap tahunnya juga jumlah kendaraan terus meningkat dan tidak sedikit masyarakat yang melanggar peraturan lalu lintas. Sehingga pemerintah maupun kepolisian harus semakin ketat dan tegas terhadap permasalahan lalu lintas, hal tersebut guna mengurangi tingkat pelanggaraan dan kecelakaan lalu lintas. 

 

Oleh sebab itu, Walikota Samarinda Syaharie Jaang memberikan akun User CCTV kepada Kepolisian Resort Kota (Polresta) Samarinda,  Polda Kaltim, Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP, dan BPBD yang selama ini dikelola dengan baik oleh Dinas Komunikasi dan Informatika melalui ruangan Command Center. Penyerahan langsung oleh walikota didampingi kepala Diskominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatullah di aula rumah jabatan walikota, Senin (11/1/2021).

 

“Semoga dengan teknologi selain masyarakat ingin memantau kondisi jalan secara live, ini juga bisa digunakan untuk memantau kejahatan. Harapan kita ke depan ini bisa digunakan untuk meminimalisir kriminal,” kata Jaang.

 

 

Untuk diketahui Kota Samarinda saat ini telah memiliki 123 titik internet yang tersebar termasuk di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta 45 titik CCTV ditambah beberapa titik ATCS (Area Traffic Control System) atau Sistem Pengendali Lalu Lintas Kendaraan di setiap persimpangan Samarinda.

 

“Kita juga punya CCTV analisis, memang CCTV ini cukup mahal akan tetapi dengan CCTV ini kita bisa mendapatkan data dengan cepat seperti kepolisian ingin menghitung jumlah kendaraan, atau Kepolisian mau menerapkan system E-tilang dengan teknologi ini kita bisa mengetahui data tersebut hanya dalam hitungan detik,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kota Samarinda.

 

 

Selanjutnya Kepala Polresta Samarinda Arif Budiman menyampaikan terima kasih kepada Walikota Samarinda yang selama ini telah membantu dan mendukung Polresta Samarinda.

 

“Ini merupakan teknologi yang sangat mahal, barang mahal. Dengan teknologi ini kami Polresta akan bekerja yang terbaik untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan berusaha menciptakan Kota Samarinda yang aman dan kondusif,” ungkap Arief

 

 

Ditambahkannya, fakta membuktikan seluruh kasus yang terjadi dapat diungkap melalui CCTV sehingga teknologi CCTV sangat penting dalam mengungkapkan peristiwa.(bar/don/kmf-smd)

 

Satu Lagi Program “Kotaku” Tuntas, Kawasan SKM Segmen Perniagaan Bakal Jadi Ikon Kota

Berita Sebelumnya

Tinjau Bangunan Kantor Kejari dan MPP, Jaang Pastikan 20 Hari Ke Depan Gedung Sudah Bisa Ditempati

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar