24 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Pendataan Keluarga tahun 2021 atau PK21 dilakukan secara serentak mulai Kamis (1/4/2021) hari ini. Di Samarinda sendiri, pendataan diawali dari kediaman Wali Kota Samarinda, DR H Andi Harun, di Jalan Wahid Hasyim, Samarinda Utara.

Sedikitnya ada sebanyak enam kader dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Samarinda hadir pagi itu untuk melakukan kegiatan pendataan keluarga mulai dari pengumpulan data primer yang berisi tentang pembangunan keluarga melalui metode wawancara, seperti menanyakan data keluarga berencana hingga data anggota keluarga.

Perlu untuk diketahui, pendataan keluarga ini sebagai upaya dalam pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga. 

Wali Kota Samarinda sendiri pagi itu, menyambut hangat kegiatan pendataan yang dilakukan para kader DPPKB Samarinda. Menurutnya, langkah ini sebagai bentuk dalam mendukung penyelenggaraan perkembangan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga di Samarinda.

“Alhamdulillah hari ini saya sudah didata, petugasnya juga ramah. Harapan saya semoga warga bisa menyukseskan kegiatan pendataan ini,” kata Andi Harun didampingi istri beserta kedua putra dan kedua putrinya.

Ia menjelaskan, hasil dari pendataan nanti setidaknya pemerintah bisa memetakan kondisi pembangunan keluarga mulai dari kesejahteraan keluarga baik sandang, pangan sampai tingkat pendididikan dengan data riil. Sehingga apabila ada permasalahan, pemerintah langsung bisa langsung mendeteksi secara dini untuk mencarikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Jadi saya minta warga bisa proaktif bila dimintai keterangan terkait data keluarganya. Maksudnya supaya data yang dihasilkan juga bisa berkualitas, akurat, relevan, dan dapat dipertanggung jawabkan,” tandasnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada camat, lurah, serta RT agar bisa segera mensosialisasikan kegiatan ini di wilayahnya masing-masing. Sehingga apabila ada petugas pendataan yang datang ke rumah warga, bisa langsung dilayani.

Terpisah, Kepala Seksi Data dan Infomasi DPPKB Kota Samarinda, Sania Tulkama menambahkan untuk menyukseskan penyelenggaran pendataan keluarga ini terhitung mulai 1 April 2021 hingga 31 Mei mendatang,  pihaknya telah mengerahkan sebanyak 1.906 kader untuk diterjunkan ke lapangan. Di mana target warga yang didata nanti ada sebanyak 236.070 kepala keluarga.

“Jadi pendataan keluarga ini lebih menyasar kepada keluarga. Alasannya karena agenda pembangunan kerap menjadikan keluarga sebagai sasaran utama," tukasnya. (CHA/HER/KMF-SMD)

 

Tetapkan Besaran Zakat, Ketua MUI Minta Jangan Keluar dari Dalil

Berita Sebelumnya

Wali Kota Teken Kerja Sama dengan Rumah Sakit Jiwa

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar