2079 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Kepedulian ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda yang juga Ketua Tim Penggerak PKK kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun terhadap kebangkitan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di ibukota Kaltim mendapat apresiasi berupa penghargaan special achievement Tokoh Peduli UMKM.

Penghargaan ini diberikan oleh DPD Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Kaltim, Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Kaltim, Ivendo Kaltim dan media Berita Kaltim.Co kepada Rinda dalam rangkaian penutupan Gelar Karya Bubuhan Samarinda di halaman GOR Segiri, Selasa (26/7/2022).

“Penghargaan ini diberikan lantaran kiprah ibu Rinda selaku ketua Dekranasda dan ketua TP PKK kota Samarinda dinilai berpengaruh terhadap kebangkitan UMKM di kota Samarinda pada masa pandemi Covid-19. Dengan ide dan gagasan beliau menghadirkan event-event pro UMKM. Salah satunya Mini Expo Apeksi, Etam Festival, Samarinda Street Food dan Gelar Karya Bubuhan Samarinda, dimana event ini akan menjadi agenda tahunan,” ucap Sekretaris DPD Asperapi Kaltim H Hamdani.

Yang menjadi spesial lanjut Hamdani, Rinda selalu langsung turun tangan dengan melibatkan 10 kecamatan dan TP PKK kota Samarinda untuk berperan aktif diacara tersebut. 

“Atas dasar ide ini, beliau bukan hanya masyarakat terhibur tapi ekonomi kerakyatan juga mulai bergairah kembali di masa pandemi pasca covid 19 ini dengan adanya event-event seperti ini,” katanya. 


Bukan hanya itu saja lanjutnya dengan adanya event semacam ini Pemkot Samarinda mendapatkan PAD melalui kegiatan tersebut. “Dari dasar itulah kami Asperapi Kaltim, PPJI Kaltim, Ivendo Kaltim dan media Berita Kaltim.Co  memutuskan untuk memberikan penghargaan,” tegas Hamdani.

Rinda dalam sambutannya mengaku sebuah momen yang sangat berharga karena diberikan kepercayaan menerima penghargaan sebagai pemerhati UMKM.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya, walaupun sebenarnya masih merasa belum pantas menerimanya. Karena ini memang sudah menjadi kewajiban Pemkot Samarinda untuk bisa berbuat bagi warganya, apalagi di masa pandemi. Saya sangat merasa luar biasa sekali menerima penghargaan ini, terima kasih kepada Asperapi, PPJI, Ivendo, dan media Berita Kaltim.Co,” ucapnya.

Ia mengaku merasa tidak mungkin bisa mencapai ini tanpa bantuan rekan-rekan dari Dekranasda kota Samarinda, PKK, ADW Group, pihak swasta lainnya dan pemerintah yang saling mengingatkan dan mendukung.

Rinda juga bercerita mengapa peduli terhadap UMKM karena mengaku tersentuh hatinya melihat tetangga dan beberapa temannya serta pantauannya, dimana yang biasanya omzetnya ratusan, jutaan, namun tiba-tiba untuk mendapatkan Rp 100 ribu saja sulit.

“Ini yang mendorong kami untuk membangkitkan kembali UMKM. Alhamdulillah kerjasama pertama kali kami laksanakan pada saat Apeksi Regional Kalimantan dengan event Mini Expo. Inilah yang pertama kali mendongkrak UMKM mulai bangkit,” aku Isteri wali kota Samarinda ini.

Rinda berharap event-event yang sudah terlaksana ini bisa menjadi event-event tahunan yang mana akan bisa juga mendongkrak pariwisata di kota Samarinda.


PENUTUPAN GELAR KARYA BUBUHAN SAMARINDA

Terkait Gelar Karya Bubuhan Samarinda yang telah berlangsung sepekan, Rinda menyambut baik dan memberikan apresiasi karena akan mampu memberikan kemanfaatan yang lebih besar, baik peningkatan perekonomian maupun kesejahteraan kepada pelaku UKM dan masyarakat pada umumnya.

“Kegiatan seperti ini salah satu wujud komitmen Dekranasda kota Samarinda membantu pelaku UMKM untuk mengatasi berbagai tantangan, baik keterbatasan modal, akses pasar dan lainnya,” ucap Rinda.

Sementara Wali Kota Samarinda yang diwakilkan Asisten II Dr Sugeng Chairuddin menutup resmi event yang diselenggarakan Pemkot Samarinda berkolaborasi dengan Dekranasda kota, TP PKK dan PT ADW Bersaudara selaku Event Organizer dilaksanakan dalam rangka Hari Gerak PKK dan Hari Koperasi tahun 2022.

“Kita patut bersyukur dengan adanya Gelar Karya Bubuhan Samarinda ini, karena secara tidak langsung dapat lebih mendorong kemajuan pengembangan usaha ekonomi kreatif masyarakat, khususnya sub sektor kuliner agar dapat memberi kontribusi kepada pemerintah dalam peningkatan perekonomian daerah,” ucap Sugeng.

Ia mengatakan pula Pemkot sangat menyambut baik adanya event-event seperti ini, dengan harapan dapat membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan dan memasarkan produknya.

“Kita semua sepakat tujuan gelaran karya ini salah satunya untuk menghidupkan UMKM di kota Samarinda, namun saya juga ingin berpesan agar kedepannya para pelaku usaha bisa lebih kompetitif baik dari sisi jenis produk yang dipasarkan terlebih kualitasnya sehingga kegiatan usaha ini tidak terbatas dan berhenti di sini saja tetapi bisa berkelanjutan secara terus menerus,” tuturnya.

Sebelumnya Direktur Utama PT ADW Bersaudara Deddy Iskandar menyampaikan terima kasih yang besar kepada wali kota yang telah memberikan ruang yang besar bagi para UKM agar bisa tetap aktif berusaha dengan didukungnya kegiatannya ini, termasuk kepada ketua TP PKK maupun Dekranasda.

Ia menyebutkan pula selama acara pihaknya telah melakukan penghitungan jumlah transaksi, yang mana pada kali tercatat transaksi jual  beli Rp 3,7 miliar.(DON/KMF-SMR)

Cegah Wabah Zoonosis, Kementan RI Bersama FAO dan Pemkot Samarinda Gelar Public Hearing di Balaikota

Berita Sebelumnya

Buka Webting, Bunda PAUD Rinda Ingatkan Peran Penting Orang Tua, Pendidik dan Lingkungan

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar