843 Kali

PADANG.KOMINFONEWS - Stand Pemkot-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda pada gelaran Indonesia City Expo (ICE) dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2022 di kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, 7-10 Agustus 2022.

“5 jam pertama produk kerajinan kami hampir 2 juta terjual. Paling banyak gelang kayu gaharu,” ucap Pengrajin sekaligus Owner Manika Kaltim di Stand Pemkot-Dekranasda Samarinda, Minggu (7/8/2022).


Selain gelang gaharu yang jadi primadona ada pula gelang manik, tas rotan, tas manik, bening atau gendongan bayi juga anjat.

“Untuk bening sudah dipanjar duluan dan hari pameran terakhir baru bisa diambil barangnya. Juga mandau sudah dipesan,” ungkap Padli.

Begitu pula batik tulis khas Samarinda pun menjadi primadona pengunjung dengan bervariasi motifnya.


“Alhamdulillah ada 6 kain batik tulis Samarinda yang dibeli pengunjung. Selain dari Padang ada juga dari Malang, motif Lekuk Mahakam,” Owner Batik Putri Syafril, Desi Soleha.

Bahkan ada juga dari Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang meminta no handphone untuk kerjasama jangka panjang.

Tak kalah juga produk makanan ringan dan minuman herbal dari Dapur Dewi Sari.


“Ada minuman herbal Teh Bajakah Super, Teh Bawang Tiwai atau Bawang Dayak, tej insulin, Jahe Kelor dan Jahe merah,” Owner Dapur Dewi Sari, Julak Dani.

Kemudian untuk makanan ringan seperti elat sapi, gula gait, keminting, gula aren cair, gula aren pasir dan amplang.

Replika Titik Nol IKN Nusantara dilengkapi ornamen dayak menjadi tarik pengunjung. Bahkan Wali Kota Tarakan dr Khairul, ketua Dekranasda Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud pun menyempatkan berfoto.

(don/kmf-smr)

Rusmadi Kukuhkan IKAPAMA kota Samarinda

Berita Sebelumnya

Hadiri Pengukuhan Dewan Adat Dayak Walikota Dapat Nama Kehormatan

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar