185 Kali

SAMARINDA. Maraknya kasus kebakaran rumah tahun 2020 ini langsung diantisipasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda dengan menggelar Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan Dini Penanggulangan Kebakaran dengan melibatkan seluruh Camat dan Lurah se-Kota Samarinda di Ruang Rapat Utama Lt. II Balaikota, Kamis (27/08).


Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati dalam sambutannya mengatakan perlunya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan dini penanggulangan kebakaran.


"Kita memiliki program Kampung Cegah Dini Bencana Kebakaran Berbasis Masyarakat (Beken Sikat). Mereka inilah yang membantu lurah untuk mensosialisasikan ke masyarakat tentang pemahaman pencegahan kebakaran," kata Barkati.


Barkati berharap nantinya di setiap kelurahan akan ada motor pemadam kebakaran dan ambulance. Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Nursan mengakui mendapat kesulitan ketika petugas melakukan pemadaman api di saat terjadi kebakaran.


"Sama seperti yang dikatakan Pak Barkati ketika ada terjadi kebakaran, masyarakat ini datang berbondong-bondong. Bukan berarti datang itu membantu, tetapi malah menonton bahkan menghalangi petugas yang lewat. Timbulah ide dari beliau bagaimana kiranya kita bisa mengajak masyarakat itu untuk berperan serta dalam penanggulangan kebakaran," ucap Nursan.


Selain itu Nursan mengatakan dalam anggaran perubahan ini pihaknya akan mengasuransikan seluruh anggota relawan kebakaran. (fer/don/kmf-smd)

Dimakamkan Secara Protokes, Sekda Samarinda Pimpin Upacara Pelepasan Jenazah Lurah Mugirejo

Berita Sebelumnya

Mantan Direktur RSUD IA Moeis Meski Purna, Jaang Akui Sering Bersilaturahmi

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar